Mahasiswa Asal Kanada Berhasil Membuat Mobil Super Irit

Seorang mahasiswa asal Kanada berhasil membuat sebuah kendaraan yang bisa menempuh jarak 2,713 miles hanya dengan bensin sebanyak 3,8 liter dalam satu galon.

Rabu, 07 Juni 2017 18:30
Ilustrasi by howstuffworks.com
Editor : Magang
Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Tiap tahunnya, di Amerika selalu ada event Shell Eco-marathon yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan minyak terbesar, Shell. Tujuannya adalah untuk membuat kendaraan yang ramah lingkungan dan juga irit saat digunakan untuk berpergian jauh.

Banyak universitas-universitas di dunia berpatisipasi dalam event tersebut. Namun, tahun ini, Laval University di Quebec, Kanada berhasil memenangkan perlombaan itu. Howstuffworks (23/05) mencatat mereka berhasil membuat kendaraan super irit yang mampu menempuh jarak 2,713 miles (4,366 kilometer) hanya dengan satu galon penuh dengan bensin.

Universitas tersebut terkenal dengan sejarahnya yang telah membuat proyek kendaraan dengan effisiensi bensin yang sangat bagus. Pada tahun sebelumnya, mereka berhasil memenangkan perlombaan yang saa dengan kendaraan yang mampu menempuh jarak 3,788 miles (6,096 kilometer) per satu galonnya.

Rahasia untuk kemenangannya pada tahun ini adalah mesin internal combustion-nya yang hanya membutuhkan bensin sebanyak 3,8 liter per galonnya. Jika digunakan di Indonesia, kendaraan tersebut bisa digunakan pada jarak antara Malang dan Jakarta tanpa sedikitpun mengisi bahan bakar kendaraan.

Meskipun kendaraan tersebut hanyalah sebatas sebuah prototip dan masih belum dalam bentuk mobil legal di jalanan, namun jika saka ada kendaraan dengan teknologi seperti ini, pastinya tidak hanya lebih irit, tetapi juga mampu menghemat lebih banyak uang lagi.

Utamanya adalah performa mesinnya yang mampu mendorong kendaraan dengan kecepatan maksimal dan menggunakan bensin yang sedikit tanpa harus membuang banyak uang untuk satu perjalanan yang sangat jauh.

CEK JUGA YANG SATU INI

(kpl/nic/mag)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami