Mengaspal Pekan Ini, Pilih Hyundai Staria atau Toyota Alphard?

Hyundai Staria diluncurkan pekan ini. Harganya bersaing dengan Toyota Alphard G.

Selasa, 17 Agustus 2021 09:15
Mengaspal Pekan Ini, Pilih Hyundai Staria atau Toyota Alphard? (Kiri) Toyota Alphard dan (Kanan) Hyundai Staria (TAM, Hyundai)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan MPV premium Hyundai Staria dirilis pekan ini. Peluncurannya sendiri akan berlangsung secara virual pada 20 Agustus 2021 mendatang.

Sebelaum mendarat di Indonesia, Hyundai Staria lebih dulu diperkenalkan di Thailand pada Juli lalu. Di Negeri Gajah Putih, MPV itu dibanderol 1.729.000 baht atau setara Rp 767 juta (kurs 1 baht = Rp 443.95) untuk model S, sedangkan SEL dihargai 1.999.000 baht atau Rp 887 juta.

Hyundai Staria akan berhadap-hadapan langsung dengan Toyota Alphard. Dari segi harga, tidak jauh berbeda. Misalnya Alphard G di Indonesia saat ini dijual Rp 1.065.450.000, hanya lebih mahal Rp 100 jutaan dari Staria SEL di Thailand.

 

 

 

1 dari 3 Halaman

Hyundai Staria (Hyundai)

Secara eksterior keduanya mempunyai tampilan mewah, namun dengan bahasa desain yang berbeda. Toyota Alphard terlihat tegas dengan grille depan besar vertikal, lekukan-lekukan pipih, serta bentuk lampu belakang yang unik.

Namun dari segi tampang, Staria lebih modern dan futuristik, dengan pencahayaan LED segaris di depan, lampu utama di posisi bawah dan grille lebar horizontal. Bagian sampingnya diberi kaca besar dan sisi belakang terdapat stop lamp yang memanjang ke bawah.

Interior Staria tidak kalah mewah dibandingkan Alphard. MPV asal Korea Selatan itu bisa membawa hingga 11 penumpang, mempunyai dasbor futuristik, serta terdapat captain seat pada baris ke-2 dan ke-3.

2 dari 3 Halaman

Sebaliknya, Toyota Alphard cuma dapat menampung tujuh penumpang. Namun kursi depan Alphard memiliki sistem heated dan cooling. Fitur ini tidak ada di Staria. Kursi captain seat baris kedua Alphard punya pemanas.

Interior Toyota Alphard (TAM)

 

Fitur keselamatan pada kedua mobil ini hampir mirip. Masing-masing dipasangkan enam airbags, Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Monitoring (BCM), Rear Cross-traffic Traffic Allert (RCTA), serta Lane Keeping Assist (LKA).

3 dari 3 Halaman

Untuk dapur pacu, Hyundai Staria menawarkan 2 pilihan. Mesin 2.200cc diesel yang menyemburkan tenaga 177PS dengan torsi 431 Nm, dan varian bensin dengan output sebesar 272PS dan torsi 331Nm.

Sementara Toyota Alphard G hanya Cuma menawarkan satu pilihan mesin, 2.500cc bensin dengan power 180PS dan torsi 234Nm.

Namun spesifikasi, fitur, dan harga Stria di atas adalah yang beredar di Thailand. Untuk Staria Indonesia sejauh ini Hyundai belum membocorkan lebih jauh selain tanggal peluncuran. Semua akan terungkap pada 20 Agustus 2021.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami