Lubang Kunci Motor Juga Perlu Perawatan, Begini Caranya

Jangan salah kaprah, lubang kunci sepeda motor perlu perawatan juga

Jum'at, 20 November 2020 15:15
Lubang Kunci Motor Juga Perlu Perawatan, Begini Caranya Lubang kunci motor (Liputan6.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Ketika musim hujan tiba, tantangan besar akan dialami pemotor. Bukan hanya harus berkendara ekstra hati-hati saat turun hujan, tetapi juga terkait perawatan motor.

Salah satu perawatan yang harus sering dilakukan adalah mencuci motor. Namun ada satu perawatan lainnya yang tak bolek dilupakan, yakni merawat lubang kunci sepeda motor.

Melansir laman resmi Federal Oil, berikut ini cara perawatannya.

1 dari 2 Halaman

Seperti yang diketahui, posisi lubang kunci sepeda motor sangat rawan kemasukan air hujan. Jika terjadi dan dibiarkan terus menerus, maka air yang masuk akan menimbulkan korosi. Akibatnya keluar-masuk kunci motor tidak bisa lancar.

Solusi dari permasalahan itu adalah oli mesin atau oli samping. Namun pastikan oli dalam kondisi baru, bukan bekas pakai. Jika kondisi bekas ditakutkan ada kotoran yang ikut masuk. Namun lebih baik lagi jika menggunakan cairan anti karat.

2 dari 2 Halaman

Caranya oleskan oli atau semprotkan cairan anti karat pada kunci motor secara merata. Kemudian masukkan ke rumah atau lubang kunci.

Setelah itu, masukkan dan keluarkan kunci motor secara perlahan. Jika ada kotoran yang menempel, bersihkan dan lapisi lagi kunci motor dengan oli atau cairan anti karat. Lakukan langkah ini terus menerus sampai kunci motor bisa masuk dan keluar dengan lancar.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami