Lolos Uji, 8 Mobil Esemka Siap Masuk Lini Produksi

8 tipe mobil Esemka sudah lolos uji tipe dan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kemenhub.

Selasa, 16 Oktober 2018 12:45
Mobil Esemka (Liputan6.com/ Istimewa)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mobil buatan Indonesia yang melambungkan nama Joko Widodo saat menjabat sebagai Walikota Solo, mobil Esemka, kini telah melalui uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA). Tes tersebut dilaksanakan di di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan.

Menurut Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida, setidaknya ada delapan tipe mobil Esemka yang sudah melakukan pengujian di BPLI-SKB dan waktu pengujiannya berbeda-beda.

Kata Caroline, BPLI-SKB sudah memberikan lulus uji tipe pada lima mobil Esemka pada Fabruari dan Maret 2016, yaitu Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D (4×2) M/T.

"Tiga lagi mohon menjadi info ter-update, mobil barangnya dua, Bima 1.0 (4×2) MT dan Bima 1.3 L (4×2) MT, sedangkan mobil penumpang satu yaitu tipe Garuda 2.0 (4×4) MT. Total ada delapan (ditambah hasil uji di 2016)," ujar Caroline kepada Liputan6.com, Sabtu (13/10/2018).

Caroline menyatakan, delapan tipe mobil Esemka ini sudah melalui tahap uji tipe dan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kemenhub.

Caroline pun menerangkan bahwa produksi massal akan segera dilakukan setelah SUT diterbitkan. Mengenai waktu, hal itu bergantung pada ketersediaan bahan baku dan berbagai komponen yang akan digunakan.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami