Limosin Terpanjang di Dunia Itu Kini Jadi Rongsokan

Mobil yang dulunya menjadi limosin terpanjang di dunia kini nasibnya sangat mengenaskan.

Minggu, 26 Februari 2017 16:15
Foto: Motor1
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Mereka yang pernah menelusuri dunia otomotif era 1980-an mungkin akan mudah mendapati mobil sedan terpanjang di dunia ini. Dia adalah sebuah limosin ukuran 100 kaki bernama "American Dream".

Sedan panjang ini dulu terkenal bukan hanya karena ukurannya, tetapi juga adanya fasilitas dan fakta yang wah pada zaman itu, seperti punya 26 ban, punya bak rendam jacuzzi, kolam renang kecil, tempat tidur air ukuran king size, bahkan landasan helikopter.

Nahasnya, puluhan tahun lewat, mobil ini terabaikan dan menjadi rongsokan. Tampilannya ironis dibanding ketika ia pertama ditampilkan oleh pemiliknya, bulder bernama Jay Ohrberg yang menyewakannya di gerai Hollywood Cars.

Sedan ini sendiri dibangun dari Cadillac Eldorado keluaran tahun 1970-an dan dikonsepkan sebagai kapal pesiar privat (yatch) versi jalan darat.

Karena panjang, deretan ban depan bisa berbelok semua, bahkan setengah bodi pun ikut belok karena bisa tertekuk setengah.

Terakhir, ia ditemukan teronggok sebagai rongsokan di New Jersey tahun 2012 dan dilelang dengan catatan kerusakan berat di mana-mana.

Kabar baiknya, Museum Autoseum Automotive Teaching New York memboyongnya sebagai sarana edukasi dan kini sedang dalam tahap pemulihan.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami