Lima Pemuda Salah Gunakan Strobo dan Sirine, Netizen: Dikit-Dikit Kok Minta Maaf

Sebuah video menunjukkan sekumpulan pemuda yang menyalahgunakan penggunaan mikrofon, strobo, dan sirine. Aksi itu kini diakhiri dengan permintaan maaf dan surat pernyataan bermaterai.

Kamis, 04 Februari 2021 15:15
Lima Pemuda Salah Gunakan Strobo dan Sirine, Netizen: Dikit-Dikit Kok Minta Maaf Salahgunakan strobo dan sirine (Instagram/cetul.22)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sebuah video menjadi sorotan publik usai beredar di media sosial. Pada video yang dibagikan akun Instagram @cetul.22 pada 3 Februari 2021 itu menunjukk sekumpulan pemuda yang berkendara semaunya.

Pada video tersebut tampak tiga orang pemuda laki-laki di dalam mobil. Terdengar pula suara perempuan di dalam mobil itu.

Rupanya mobil tersebut dibekali dengan mikrofon, strobo dan sirine layaknya mobil polisi. Saat melintas di sebuah jalan, salah satu pemuda yang duduk di kursi belakang berbicara melalui mikrofon.

 

1 dari 5 Halaman

Pada kalimat pembukanya, tampak normal karena dia seolah mengingatkan orang-orang untuk selalu menerapkan 3M. "Untuk semua para warga Ways Putih diharapkan menjaga 3M, menjaga jarak memakan boti," begitu terdengar pada video.

Saat itulah terdengar tawa dari semua orang di dalam mobil. "Ancur-ancur," begitu terdengar suara perempuan.

2 dari 5 Halaman

Suruh Pengguna Jalan Lain Menepi

Video tersebut kemudian berlanjut di jalan raya yang cukup padat. Mereka mulai menyalakan sirine dan terlihat strobo warna biru menyala di bagian depan mobil.

"Harap menepi-harap menepi," kata pemuda yang duduk di kursi penumpang depan.

Tentu saja apa yang mereka lakukan itu melanggar peraturan lalu lintas. Hanya kendaraan tertentu yang boleh menggunakan lampu strobo atau rotator dan sirine. Seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans.

3 dari 5 Halaman

Meminta Maaf

(c) Instagram/cetul.22

Diketahui insiden itu terjadi di Lampung. "before and after ... penyalahgunaan strobo , rotator dan sirine di metro lampung," tulis akun tersebut.

Masih pada unggahan yang sama, akun tersebut juga mengunggah permintaan maaf dari para pemuda yang ada di dalam mobil. Mereka tampak memegang surat pernyataan dan berdiri di depan kantor polisi.

Mewakili empat temannya, perempuan yang ada di dalam mobil mengucapkan permintaan maaf mereka. "Dengan surat pernyataan ini, saya mewaikili teman-teman saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Dengan izinnya kami meminta maaf kepada pihak-pihak yang telah ada disebut dalam video tersebut," kata satu-satunya perempuan dalam sekumpulan pemuda tersebut.

4 dari 5 Halaman

Reaksi Netizen

Video tersebut sontak memancing reaksi netizen. Bukan hal baru ketika seseorang melakukan kesalahan lalu berakhir dengan surat pernyataan dan permintaan maaf.

"Apa2 ko maaf negri ini mudah mengampuni," komentar @setyadhinanang

"Ujung2nya minta maaf," komentar @mr.hanung09

"Oh bosen Berakhir Di Materai Lagi Materai Lagi," komentar @sunarto_noto_prawiro

5 dari 5 Halaman

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami