Lightyear One, Mobil Listrik Masa Depan Bertenaga Matahari

Sebuah perusahaan teknologi asal Belanda merilis prototype mobil listrik bertenaga matahari dengan nama Lightyear One.

Jum'at, 28 Juni 2019 15:15
Lightyear One, Mobil Listrik Masa Depan Bertenaga Matahari Lightyear One (Engadget.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu isu mobil listrik ialah pengisian daya baterainya yang bisa dibilang masih cukup lama, sekitar 4 jam sampai 8 jam. Selain itu, limbah baterai yang dihasilkan nantinya dianggap dapat mencemari lingkungan.

Namun, mengutip dari Topgear.com, sebuah mobil listrik masa depan bernama Lightyear One diprediksi bisa menjadi solusi. Pasalnya, pengisian daya baterai mobil ini menggunakan tenaga matahari.

Ya, pengisian daya baterai Lightyear One menggunakan panel surya dan bisa dilakukan sembari digunakan. Kendaraan ramah lingkungan ini juga diklaim sebagai mobil listrik pertama di dunia yang menggunakan panel surya.

Dengan adanya panel surya, Lightyear One diklaim dapat menempuh jarak 725 km hanya dalam sekali pengisian penuh. CEO sekaligus co-founder Lightyear, Lex Hoefsloot menyatakan bahwa mobil listrik ini merupakan era baru dari transportasi.

1 dari 1 Halaman

Tembus Rp2,5 Miliaran

Tembus Rp2,5 Miliaran

Body Lightyear one dikelilingi oleh 5 meter persegi panel surya. Komponen tersebut diklaim dapat menambah jarak tempuh sejauh 12 km setiap terpapar sinar matahari selama 1 jam.

Selain menggunakan panel surya, baterai Lightyear One juga dapat diisi dengan metode konvensional, dihubungkan ke listrik rumah atau stasiun yang disediakan. Artinya, mobil ini tak terhalang oleh cuaca.

Untuk urusan performa, Lightyear One dibekali 4 motor listrik yang dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 10 detik. Di kabinnya terpasang head-unit yang dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi Android Auto atau pun Apple Car Play.

Meski masih dalam bentuk prototype, perusahaan asal Belanda itu telah membocorkan harga Lightyear One yang mencapai USD170.000 atau sekitar Rp2,5 miliaran. Rencananya versi produksi masal mobil listrik panel surya ini akan dijual mulai tahun 2021.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami