Liburan Touring Pakai Skutik, Perhatikan Hal-hal Ini

Meski praktis digunakan, persiapan sebelum touring wajib dilakukan. Setidaknya ada beberapa komponen vital yang musti mendapat perhatian

Senin, 30 Desember 2019 19:15
Liburan Touring Pakai Skutik, Perhatikan Hal-hal Ini Touring biker skutik (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Motor jenis matik kini menjadi pilihan favorit sebagian masyarakat Indonesia karena mudah dan praktis digunakan. Bersamaan dengan itu menjamur pula klub-klub skutik di Tanah Air dari berbagai tipe.

Nah pada libur panjang Natal dan tahun baru seringkali dimanfaatkan oleh komunitas motor matik untuk touring ke luar kota.

Meski praktis digunakan, persiapan sebelum touring wajib dilakukan. Setidaknya ada beberapa komponen vital yang musti mendapat perhatian. Misalnya mengecek kondisi oli mesin dan oli gear. Pastikan kualitas dan kuantitasnya masih baik.

"Beberapa fungsi dari oli salah satunya sebagai pendingin. Akan bahaya jika oli yang sudah tidak mampu mendinginkan mesin masih tetap dipertahankan dan dipakai untuk jarak jauh. Ini mesin bisa overheat," kata Galuh Afriyanto , Koordinator Servis Yamaha SBR Pemalang, Jawa Tengah.

Efek lain jika terus dipaksakan menempuh perjalanan jauh dapat menyebabkan piston macet. Selanjutnya adalah kondisi pengereman, sebab ini terkait keselamatan jiwa.

1 dari 2 Halaman

Perhatikan Pengereman

Perhatikan Pengereman

“Cek kondisi minyak rem, ketebalan kampas, dan pastikan fungsinya masih bekerja dengan baik. Pastikan juga kondisi ban, tekanan angin, alur ban masih bagus, mengingat saat ini memasuki musim penghujan,” imbuhnya

2 dari 2 Halaman

Periksa Belt CVT

Periksa Belt CVT

Perhatikan juga penggerak atau belt CVT (continous variable transmission). Pengecekan umumnya berpatokan pada pemakaian dan standar ketebalannya, seperti acuan pada buku service manual masing-masing tipe.

“Untuk pemakaian biasanya penggantian setiap 20.000 – 25.000 km. Di atas itu sangat berisiko putus,” katanya.

DI beberapa motor skutik menggunakan pendingin cairan. Perhatikan level cairan di dalam radiator dan reservoir tank. “Ini perlu dicek. Tambah bila perlu. Perawatan ini berlaku sebelum bepergian dan sesudah bepergian,” tutupnya.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami