Lebih Gampang Mana, Naik Moge Sport atau Cruiser?

Mau mulai main moge? Mempunyai jenis motor satu ini membutuhkan pertimbangan tersendiri. Selain secara harga berbeda, cara mengendarainya pun khusus.

Senin, 02 Juli 2018 13:15
Ilustrasi: motorcyclenews.com
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Otosia.com - Mau mulai main moge? Mempunyai jenis motor satu ini membutuhkan pertimbangan tersendiri. Selain secara harga berbeda, cara mengendarainya pun khusus.

Beda jenis atau bentuk saja bisa berbeda dalam cara mengendalikannya. Apalagi jika perbandingannya antara naik moge sport dengann motor touring atau cruiser seperti Harley-Davidson.

Mengenai cara berkendara, paparan dari Alfadiansyah atau Alfa, dari Motor Besar Club (MBC) Indonesia bisa memberikan gambaran. Soalnya, dia tergolong penunggang moge segala rupa, baik motor sport maupun touring Harley Davidson.

Jawaban pertamanya justru menunjukkan kalau naik Harley terbilang punya teknik yang tidak sebanyak mengendarai motor sport. Namun, satu sama lain punya plus dan minus.

"Kalau saya bilang lebih gampang naik Harley. Soalnya naik motor sport itu lebih kompleks teorinya. Dari mulai duduk, braking, cornering. Posisi kita u-turn," kata dia.

Dengan begitu, mengendarai sepeda motor besar model sport lebih kompleks dibandingkan model sekelas Harley. Misalnya saja untuk urusan membelok.

"Kalau motor sport, dia harus tahu beloknya seberapa (kemiringannya) kalau Harley masih bisa kita nekuk. Urusan braking juga," kata dia.

Sisanya menurut Alfa hampir sama, seperti masalah counter steering juga posisi duduk. Namun, tantangan untuk mengendarai Harley-Davidson adalah bobot.

"Kalau motor sport mungkin 160 kg ya. Kalau Harley katakanlah Sporster sudah lebih dari 200 kg. Begitu dia mau naik ke Touring, sudah 400 kg," kata dia lalu menekankan bahwa hal ini butuh teknik tersendiri mulai dari yang paling dasar.

"Kalau lagi standar mau dibediriin, kalau setangnya lagi belok (berdiri posisi kiri, setang belok kanan), ya berat. Harusnya dibalikin dulu setangnya baru diberdiriin," ujarnya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/why/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami