Lebih Dekat dengan Koenigsegg, Pabrikan Hypercar Bertabur Rekor

Koenigsegg menjadi salah satu pabrikan hypercar tersukses dan mencetak berbagai rekor di usianya yang terbilang muda.

Kamis, 25 Juli 2019 13:45
Lebih Dekat dengan Koenigsegg, Pabrikan Hypercar Bertabur Rekor Logo Koenigsegg (koenigseeg.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Bagi para penggemar supercar tentu tak asing lagi dengan merek Koenigsegg. Ya, mereka adalah pabrikan mobil asal Swedia yang menawarkan mobil street-legal berperforma tinggi dan tentu harga fantastis.

Kiprah Koenigsegg di dunia otomotif memang terbilang muda. Nama perusahaan ini diambil dari CEO mereka, Christian von Koenigsegg yang masih menjabat sampai sekarang.

Meski masih didirikan 25 tahun silam, tepatnya 1994, Koengisegg telah mengantongi berbagai gelar. Rekor pertamanya dicatat pada 2002 sebagai Mesin Paling Bertenaga di Dunia, tembus 655 hp. Selang 2 tahun, Koenigsegg CCR tercatat sebagai Mobil Produksi Massal Paling Bertenaga.

Pada 2005, Koenigsegg CCR dibawa ke Italia dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 387,86 km/jam dan meraih gelar Mobil Tercepat di Dunia. Koenigsegg CCXR telah masuk ke daftar 10 mobil tercantik di dunia versi Forbes pada tahun 2010.

1 dari 2 Halaman

Totalitas dan Berdedikasi

Totalitas dan Berdedikasi

Kesuksesan tersebut tak terlepas dari totalitas Koenigsegg dalam memproduksi mobil. Semua produknya dijual secara terbatas, namun tetap berstatus produksi massal. 

Semua detail komponen pada mobil Koenigsegg dibuat dengan alasan tertentu, seperti daya tahan, aerodinamikan, dan tentunya keindahan. Selain itu, beragam bagiannya berbahan serat karbon agar bobotnya lebih ringan.

Sistem keamanan pada produk Koenigsegg pasti tak luput dari perhatian. Wajar saja, seluruh mobil keluaran pabrikan asal Swedia ini mampu menembus kecapatan 300 km/jam.

Detail interiornya juga berstandar tinggi. Menariknya, komponen tersebut tak dikerjakan oleh robot, namun dengan tangan manusia yang telah ahli di bidangnya.

 

2 dari 2 Halaman

Tercepat di Dunia

Tercepat di Dunia

Kini, pabrikan yang bermarkas di Angelholm ini tengah bersiap untuk memecahkan rekor mobil sport street-legal tercepat di dunia. Untuk itu mereka telah memperkenalkan hypercar terbaru mereka, Koenigsegg Jesko.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Geneva Motor Show 2019 beberapa bulan lalu. Hypercar tersebut juga dibuat untuk menggantikan Agera RS dan penghormatan kepada ayah Christian von Koenigsegg.

Berharap dapat memecahkan rekor tersebut, Koenigsegg menyematkan mesin V8 5.000 cc twin-turbo 1.578 hp pada mobil ini. Dapur pacu tersebut diklaim sanggup membuat Koenigsegg Jesko melaju dengan kecepatan maksimal 300 mph atau sekitar 482 km/jam.

Koenigsegg Jesko memiliki transmisi yang perpindahaan giginya diklaim mendekati kecepatan cahaya . Teknologi berisi plat kopling 9-percepatan ini disebut sebagai Light Speed Transmission.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami