Lebih Dekat dengan Buick 8, Mobil Kepresidenan Pertama

Mobil Kepresidenan selalu menarik untuk dibahas. Selain karena keistimewaan secara tamplan, ada cerita menarik di setiap mobil yang dipakai orang nomor satu di Indonesia.

Jum'at, 02 Agustus 2019 10:15
Lebih Dekat dengan Buick 8, Mobil Kepresidenan Pertama Buick 8 (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mobil kepresidenan teranyar, yang kini dipakai oleh Presiden RI Joko Widodo adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini memiliki standar keamanan tingkat tinggi untuk orang nomor satu di Tanah Air.

Jika ditelisik ke belakang, sejak awal pun mobil kepresidenan selalu istimewa. Seperti Buick 8 yang menjadi mobil kepresidenan pertama, alias tunggangan Presiden RI pertama, Soekarno, setelah kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 silam.

Keistimewaan Buick 8 tak hanya ada pada bentuk dan performa mobil itu sendiri. Tapi juga cerita di balik kehadiran mobil yang diproduksi oleh General Motors (GM) di Amerika.

 

1 dari 4 Halaman

Dipakai Raja Inggris

Dipakai Raja Inggris

Buick 8 yang dipakai Soekarno hampir 74 tahun silam itu adalah versi Limited Edition. Di zamannya mobil ini memiliki harga sekitar USD 1.000 sampai USD 2.000. Harga itu terbilang mahal kala itu.

Sesuai status terbatasnya, mobil ini hanya ada 1.451 unit saja. Buick 8 juga kerap terlihat menjadi tunggangan para bangsawan Eropa, kala itu. Raja Inggris dan keluarganya pun mengendarai mobil ini pada tahun 1939.

Selain keluarga Kerajaan Inggris, Buick 8 juga tampak menjadi kendaraan dinas pejabat Hinda Belanda. Entah dibeli secara pribadi atau tidak, lambat laun mobil itu menjadi mobil dinas masa penjajahan Jepang.

2 dari 4 Halaman

Hasil Rampasan

Hasil Rampasan

Saat dipakai Soekarno, Buick 8 dipasangi pelat nomor REP 1. Awalnya, mobil ini disebut milik penjajah Jepang. Tapi para pemuda merampasnya dari tangan pejabat Jepang, lalu memberikannya kepada Soekarno sebagai mobil Kepresidenan.

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi

Spesifikasi

Buick 8 yang menjadi mobil dinas Soekarno saat itu memiliki dimensi panjang 2,99 meter hingga 3,9 meter. Mobil ini dibekali mesin berkubikasi 5.247cc 8-silinder 2-katup. Mesin ini menghasilkan tenaga 141 hp pada putaran 3.600 rpm.

Pada kabinnya, terdapat kaca pemisah antara ruang penumpang dan pengemudi. Kaca itu bisa dibuka menggunakan tuas yang diputar.

Buick 8 sebenarnya memiliki kapasitas 7-penumpang. Tapi mobil ini seringnya hanya berisi Presiden dan sopir.

4 dari 4 Halaman

Disimpan di Museum

Disimpan di Museum

Kini mobil penuh dengan histori itu disimpan di Museum Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat sejak 19 Mei 1979. Tentu saja mobil ini mendapatkan perawatan layak.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami