Lebih Dekat dengan BMW X7, Apa Saja Fitur Menariknya?

Model terbaru X7 ini paling lapang dari rangkaian kendaraan BMW X yang menggunakan teknologi powertrain dan sasis terbaru.

Selasa, 16 Juli 2019 17:45
Lebih Dekat dengan BMW X7, Apa Saja Fitur Menariknya? BMW X7 (Istimewa)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - BMW Indonesia memperkenalkan Sports Activity Vehicle (SAV) BMW X7 di Jakarta, Senin (15/7). Model ini juga akan diperkenalkan kehadapan publik GIIAS di ICE BSD City pada 18 Juli mendatang.

“Pada peluncuran The X7 hari ini, kami juga kembali tekankan BMW Story of Luxury, mengomunikasikan mengenai rangkaian kendaraan flagship dalam portofolio BMW, wujudkan pemahaman baru tentang kemewahan - yang menyatukan emosi, estetika inspirasional dan kenyamanan berkendara,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Sebagai model unggulan dari keluarga BMW X, BMW X7 ini, diluncurkan dengan trim BMW X7 xDrive40i Pure Excellence. Model terbaru dan paling lapang dari rangkaian kendaraan BMW X menggunakan teknologi powertrain dan sasis terbaru.

Sedangkan fascia depan dipertegas dengan BMW Laserlight sebagai standar, juga air intake yang lebar dengan sentuhan chrome bar. Design Pure Excellence tampilkan sentuhan chrome bar versi tiga dimensi hampir di seluruh bagian. Di bagian apron depan di kedua sisi underguard aluminium tersedia lampu kabut depan LED yang ramping.

BMW X7 pertama yang diluncurkan di Indonesia ini dilengkapi dengan velg aloy ringan 20 inci bersama ban campuran untuk tingkatkan versatilitas dan kinerja kendaraan.

 

1 dari 3 Halaman

Interior

Interior

Di sisi interior, semua pengaturan kursi dilakukan secara elektrik dengan menekan satu tombol, kapasitas ruang bagasi dapat ditingkatkan dari 326 hingga maksimum 2,120 liter, sesuai kebutuhan.

Pada barisan depan dapat disesuaikan dengan kursi yang dilengkapi pengaturan multifungsi termasuk fungsi pijat yang menambah kenyamanan perjalanan jauh.

Kelapangan dan ragam fungsi serbaguna pada interior diperkuat dengan tiga baris kursi yang dipasang sebagai standar (tawarkan ruang untuk 6 orang secara total) di dalam BMW X7.

Kedua penumpang di baris kedua dapat duduk di kursi ukuran penuh, dilengkapi dengan sandaran tangan, bantalan berbahan Alcantara yang nyaman, dan port USB. Penumpang baris ketiga juga mendapatkan kenyamanan lebih dengan kontrol 5-zone air conditioning, panoramic glass roof yang leih panjang dan kursinya dapat ditekuk menjadi sama rata dengan bagasi.

Suspensi udara standar memungkinkan kendaraan ini diturunkan dengan satu sentuhan tombol pada bagasi untuk memudahkan proses pemuatan. BMW X7 memiliki tailgate yang terpisah dua bagian, keduanya dapat dibuka dan ditutup secara elektrik sebagai standar.

Fitur Comfort Access juga dapat membuka dan menutup tailgate secara otomatis, hanya dengan gerakan kaki.

BMW X7 hadir dengan leather trim Merino dan opsi BMW Individual yang tersedia dalam empat varian warna. Atap kaca panorama Sky Lounge dengan cahaya LED yang tersebar merata di permukaan kaca untuk menerangi lebih dari 15.000 pola grafik.

Yang menarik susunan warna dari cahaya atmosferik ini dapat disesuaikan sesuai keinginan. Ambient lighting termasuk Welcome Light Carpet dan Dynamic Interior Light tersedia untuk menyambut semua penumpang. Tersedia pula 16 speaker dan sound system Harman Kardon sebagai standar.

Bagian kokpit dilengkapi Control Display dan kluster instrumen yang sepenuhnya digital. Masing-masing dengan layar diagonal berukuran 12.3 inci. Sistem ini menggunakan display BMW Operating System 7.0, termasuk BMW Intelligent Personal Assistant, ‘seorang’ asisten digital cerdas yang diaktifkan dengan kalimat "Hello BMW” – dan dapat dipersonifikasi sesuai keinginan pengguna.

Sistem kontrol baru ini juga memungkinkan penumpang belakang kendaraan untuk memilih dan mengoperasikan fitur hiburan. Penumpang di kursi belakang dapat menggunakan sumber media mereka sendiri serta sumber yang tersedia di kompartemen depan, yang kini tersedia touch display, Blu-ray dan HDMI.

Fitur yang menarik secara visual berbentuk Kristal juga digunakan untuk persneling, tombol start/stop, Controller dan kontrol volume sistem audio.

2 dari 3 Halaman

Mesin

Mesin

Mesin bensin 3.0-liter enam silinder untuk BMW X7 xDrive40i dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharging, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control.

Dengan bekal tersebut BMW X7 sanggup menyemburkan tenaga 340 hp pada 5.500 – 6.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 450 Nm dari 1,500 rpm. BMW X7 mampu, melesat dari 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam. BMW X7 baru ini memenuhi persyaratan standar emisi Euro 6d-TEMP dengan emisi CO2 hanya 198 g /km.

Transmisi Steptronic Sport 8-percepatan generasi baru dilengkapi dengan peredam torsi untuk membatasi penyimpangan rotasi di powertrain.

Sementara BMW xOffroad Package memungkinkan untuk mengontrol gardan diferensial belakang secara elektronik juga terhubung dengan sistem DSC. Cara kerjanya adalah dengan membatasi penyamaan kecepatan rotasi roda di bagian dalam dan luar tikungan. Hal ini meminimalisasi understeer saat menikung. Ground clearance kendaraan dapat bervariasi hingga 80 mm agar sesuai dengan situasi yang dihadapi - dengan menekan tombol atau menggunakan BMW Display Key.

Saat driving mode SPORT diaktifkan atau kecepatan kendaraan melebihi 138 km/jam, ground clearance secara otomatis diturunkan 20 mm.

3 dari 3 Halaman

Driver assistance

Driver assistance

BMW X7 hadir dengan Cruise Control dengan fungsi pengereman, serta Collision and Pedestrian Warning dengan fungsi City Braking, yang menginfokan pengemudi saat pengendara sepeda terdeteksi di sekitarnya.

Parking Assistant dapat memilih dan bermanuver secara otomatis ke slot parkir yang sejajar dengan jalan. Sistem ini menangani akselerasi dan pengereman, kemudi, dan perubahan gigi apa pun yang diperlukan.

Kamera belakang dirancang untuk memberi pengemudi pandangan yang sangat jelas. Seluruh sistem bekerja sama untuk membuat gambar 360° dari kendaraan dan area sekitarnya pada Control Display.

Bekal lainnya adalahReversing Assistant. Saat keluar dari ruang parkir atau bermanuver di area sempit, fungsi ini tawarkan bantuan. Reversing Assistant merupakan bagian dari Parking Assistant standar yang tawarkan fasilitas mundur otomatis di area sempit atau situasi di mana pengemudi tidak memiliki visibilitas yang jelas, seperti gedung parkir bertingkat atau pintu masuk ke halaman.

Sistem ini dapat memundurkan kendaraan hingga 50 meter dengan mengarahkannya di sepanjang garis yang sama persis yang dilalui saat bergerak maju; yang harus dilakukan pengemudi hanya mengoperasikan pedal gas dan rem serta memantau area sekitarnya.

BMW Indonesia menjual X7 dengan harga Rp. 2.399.000.000. Harga tersebut adalah off the road.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami