Lebaran Dongkrak Penjualan City Car Seken

Mobil bekas yang paling banyak dicari jelang lebaran adalah mobil keluarga jenis multi purpose vehicle (MPV). Kehadiran mobil-mobil low cost green car (LCGC) memang berimbas pada penjualan mobil bekas. Namun MPV seken tidak pernah sepi pembeli

Kamis, 05 April 2018 09:15
Foto ilustrasi by Wahyu
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazzarudin Ray

Otosia.com - Hal-hal serba baru dan mudik sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Tidak cuma kendaraan baru, mobil bekas juga dilirik bagi mereka yang memiliki dana terbatas.

Mobil bekas yang paling banyak dicari jelang lebaran adalah mobil keluarga jenis multi purpose vehicle (MPV). Kehadiran mobil-mobil low cost green car (LCGC) memang berimbas pada penjualan mobil bekas. Namun MPV seken tidak pernah sepi pembeli

Gerai mobil bekas Mobil88 memprediksi terjadi kenaikan permintaan 15% pada MPV menjelang lebaran.

"Kalau mendekati lebaran paling banyak MPV, seperti Avanza dan Xenia. Faktornya karena orang butuh transportasi untuk pulang kampung, atau berkunjung ke sanak saudara. Makanya orang beli mobil, walaupun bekas," ujar Halomoan Fischer Lumbantoruan, President Director Mobil88 di sela-sela peresmian Fitur Tukar Tambah Mobil Blibli Otofest di Jakarta, Rabu (4/4).

Yang menarik, selain MPV, momen lebaran juga turut mendongkrak pasar city car seken, termasuk LCGC, seperti Agya dan Ayla. Mendekati Hari Raya, kenaikan penjualan city car hampir 5%.

"Sebenarnya city car naik tidak banyak, ya masih di bawah 5%. Karena bicara lebaran, orang penginnya naik mobil rame-rame, makanya dipilih yang muat banyak, ya tentu MPV," jelas Halomoan.

Menurut Halomoan puncak orang memburu mobil seken terjadi sebulan atau 2 minggu sebelum lebaran. Apalagi jika dibarengi promosi khusus jelang Hari Raya, peminatnya melonjak dibandingkan periode biasa. Karena itu Mobill88 menyiapkan program promo khusus sebulan sebelum lebaran.

"Awal Mei mungkin kita sudah bikin, atau kira-kira sebulan sebelum lebaran. Bentuknya kayak apa, kita masih godok," tandas Halomoan.

Berbeda dengan MPV dan city car, periode Hari Raya dan promo rupanya tidak mampu menumbuhkan minat orang untuk membeli sedan bekas. Bahkan kondisinya tidak jauh lebih buruk daripada hari-hari biasa. Penjualan sedan bekas justru stagnan meski daya beli kendaraan seken meningkat saat memasuki musim mudik lebaran.

"Sedan tidak ada kenaikan, biasa saja, karena orang beli sedan tidak selalu berhubungan dengan lebaran," tutup Halomoan.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami