Lebaran 3 Bulan Lagi, Beberapa Jalur Tol Dipastikan Siap Beroperasi

Menjelang arus mudik lebaran 2018, berbagai instansi melakukan pemeriksaan terkait jalan tol. Berdasarkan pengecekan tersebut, beberapa jalur dipastikan siap beroperasi

Selasa, 13 Maret 2018 09:30
Ilustrasi : Arsip Otosia
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mudik lebaran telah menjadi tradisi yang pasti dilakukan setiap tahun. Untuk menunjang sisi kenyamanan dan keamanan, hajatan tahunan ini tentunya perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Persiapan tersebut dilakukan oleh beberapa instansi, yakni Korps Lalu Lintas (Korlantas), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT. Jasa Raharja, Jasa Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr), dan sejumlah pihak terkait.

Bersama-sama, mereka menyusuri jalur tol Kaligangsa-Brebes Timur. Ruas tersebut sebelumnya sudah pernah digunakan secara fungsional selama arus mudik lebaran tahun lalu.

Dilansir dari instagram resmi NTMC Polri, @ntmc_polri, Kakorlantas Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M menyatakan bahwa ruas tol Kaligangsa Brebes hingga exit Gandulan sudah siap digunakan secara operasional. Sedangkan ruas tol Gandulan-Pemalang yang berlanjut ke tol Krakpyak juga sudah bisa digunakan. Namun, ruas tol tersebut masih bersifat fungsional.

"H-10 lebaran sudah bisa dipastikan tol Kaligangsa sampai Gandulan sudah bisa beroperasi dengan kriteria tol operasional, untuk seterusnya dari Gandulan hingga Semarang Krakpyak masih bersifat fungsional", ungkap Royke.

Ia juga menjelaskan perbedaan antara tol fungsional dan operasional terletak pada pembayarannya. Jadi, tol Kaligangsa-Brebes akan dikenakan biaya karena sudah berfungsi layaknya tol pada umumnya, Sedangkan jalur tol Gandulan-Pemalang-Semarang berstatus fungsional karena hanya digunakan sementara seperti pada mudik lebaran nanti.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami