Langkah Jitu Bersihkan Interior Mobil Supaya Mudik Lebih Nyaman

Sebelum memulai mudik dengan mobil, ada baiknya untuk melakukan perawatan terlebih dahulu. Gunanya tentu suapaya perjalanan mejadi lebih aman dan nyaman.

Jum'at, 08 Juni 2018 13:15
Foto: NIssan
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Minggu depan, atau bahkan akhir pekan ini, sebagian besar masyarakat Indonesia akan memulai perjalanan mudik lebaran. Berbagai moda transportasi bisa menjadi pilihan menarik, salah satunya adalah mobil pribadi.

Sebelum memulai mudik dengan mobil, ada baiknya untuk melakukan perawatan terlebih dahulu. Gunanya tentu suapaya perjalanan mejadi lebih aman dan nyaman.

Tak hanya eksterior dan mesin, sisi interior pun tak boleh luput dari perawatan. Selain meningkatkan kenyamanan penggunanya, interior yang bersih juga bisa mencegah kerusakan di beberapa bagian dalam mobil.

Mengutip dari Nissan.co.id, berikut beberapa bagian interior mobil yang harus dibersihkan supaya perjalanan mudik jadi lebih nyaman:

1. Karpet

Karpet merupakan bagian paling kotor karena terdapat berbagai jenis benda yang terbawa oleh alas kaki, seperti tanah, pasir, dan kerikil. Karena itu, karpet biasanya dilapisi karet untuk mempermudah perawatan.

Cara membersihkannya cukup mudah, hanya perlu disikat dan dicuci dengan sabun lalu dikeringkan. Jika karpet tidak bisa dilepas, Otolovers bisa menggunakan vacum cleaner untuk menyedot debu.

2. Dashboard

Komponen ini mudah terlihat kusam sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Pertama, hilangkan debu dan kotoran yang menempel dengan emkoceng atau lap. Pada bagian sempit, gunakan kuas kecil untuk membersihkannya.

Setelah itu, gosok permukaan dashboard menggunakan air hangat atau cairan pembersih khusus secara merata. Kemudian, keringkan bagian tersebut sebelum diolesi cairan anti-UV untuk memberikan perlindungan dan membuatnya mengkilap.

3. Jok

Memasang cover merupakan cara paling mudah supaya jok tetap bersih. Meski demikan, perawatan juga harus dilakukan secara berkala supaya tidak cepat rusak dan keras.

Perawatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan bahan jok. Namun, cara yang paling mudah ialah membersihkan jok dari debudengan vacum cleaner.

4. Plafon

Salah satu tempat bersarangnya kotoran dan debu adalah plafon. Karena itulah Otolovers perlu membersihkannya dengan lap yang tak terlalu basah. Setelah itu, gosok dengan menggunakan lap kering yang bersih.

5. Pengharum kabin

Setelah semua interior dalam keadaan bersih, Otolovers bisa menambahkan pengharum khusus mobil. Hal ini tentunya supaya bau mobil menjadi lebih segar. Pilih aroma yang tidak menyengat untuk menghindari efek pusing. Selain itu, hindari aroma relaksasi supoaya tidak mudah mengantuk.

YUK MULAI SIAP-SIAP MUDIK!

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami