Langkah Berat Renault Triber di Indonesia, Hadapi Xpander dan Avanza

Saat dirilis di Indonesia nanti, Renault Triber akan berhadapan dengan penguasa segmen LMPV, yaitu Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Daihatsu Xenia.

Kamis, 20 Juni 2019 11:45
Langkah Berat Renault Triber di Indonesia, Hadapi Xpander dan Avanza Renault Triber (Auto.ndtv.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Rabu kemarin (19/6) Renault India resmi merilis Low MPV (LMPV) terbaru mereka, Renault Triber. Platform CMF-A yang digunakan pada mobil ini merupakan hasil kerjasama Renault dengan Nissan.

Rencananya, Renault Triber nantinya juga masuk ke Indonesia dan melakoni debutnya dalam gelaran GIIAS 2019, Juli mendatang. Masih belum dipastikan mengenai spesifikasinya, yang jelas akan ada sedikit penyesuaian dengan pasar otomotif Tanah Air.

Terlahir sebagai LMPV, langkah Renault Triber di Indonesia nampaknya akan cukup berat. Segmen ini telah dihuni segudang produk penguasa pasar, salah satunya Toyota Avanza.

Sejak dirilis 15 tahun lalu, Toyota Avanza tak pernah hengkang dari 10 mobil terlaris di Indonesia, bahkan meskipun masih sekadar facelift sampai saat ini. Tak lupa mobil kembarannya, Daihatsu Xenia.

 

1 dari 2 Halaman

Masih Ada Xpander

Masih Ada Xpander

Selain itu, masih ada pendatang baru yaitu Mitsubishi Xpander. Mobil LMPV pabrikan berlogo tiga berlian ini bahkan sempat beberapa kali menggeser Toyota Avanza dari posisi mobil terlaris di Indonesia.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini juga tengah naik daun bersama all-new Suzuki Ertiga dan Suzuki Ertiga Sport. Bahkan di bulan pertamanya LMPV ini langsung masuk ke deretan mobil terlaris di Indonesia.

Tak lupa LMPV andalan PT Honda Prospect Motor (HPM), Honda Mobilio. Masih ada juga all-new Nissan Livina yang menggunakan Mitsubishi Xpander sebagai basisnya, serta produk asal China, Wuling Confero S.

 

2 dari 2 Halaman

Fitur Menarik

Fitur Menarik

Dengan sesaknya segmen LMPV di Indonesia, nampaknya PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) harus bekerja keras untuk memasarkan Renault Triber. Kemungkinan yang menjadi andalan mobil ini nantinya adalah harganya yang terjangkau, di bawah Rp200 juta.

Di India, Renault Triber diperkirakan bakal dibandrol sekitar INR 500.000 hingga INR 850.000 atau Rp 102,4 jutaan hingga Rp 174 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 204). 

Meski demikian, mobil ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti instrumen panel full-digital, head-unit touchscreen 8 inci, start/stop button, dan smart access card. Selain itu, Renault Triber juga telah dibekali LED-projector hadlight dan LED-bar foglamp.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami