Lancer Evo IX Digarap Kuat Ngotot Sampai 230 Km/Jam

Amandio menginginkan garapan mesin Lancer Evo IX yang kuat dan secara terus-menerus terpacu di putaran mesin tinggi.

Rabu, 16 September 2015 17:15
Modifikasi Lancer Evo IX (Foto: Istimewa)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Mitsubishi Lancer Evo IX sudah mumpuni sebagai sedan kelas sport, apalagi jika ia merupakan model GT yang memuntahkan torsi lebih banyak di antara model Evo IX lainnya (sama dengan RS). Namun, itu belum serta-merta memenuhi ekspektasi pemiliknya karena ia nanti tidak hanya berlari di jalan raya, tetapi lebih banyak di lintasan.

Oleh karenanya, sang pemilik yang bernama Amandio menginginkan garapan mesin yang kuat dan secara terus-menerus terpacu di putaran mesin tinggi.

"Dimodifikasi supaya power di RPM tinggi tetap stabil karena di sirkuit kan mainnya RPM tinggi, bisa di atas 5.000. Ini beda sama di jalan yang butuh power di RPM 2.000-5.000," kata Lukas, modifikator dari Engine+, rumah modifikasi yang dipilih Amandio.

Oleh karena itu pula, Lukas memutuskan penataan di sektor cylinder head. Sekadar info, mesin Lancer Evolution ini berteknologi MIVEC (Mitsubishi Variable valve timing), variabel katup Mitsubishi mengangkat teknologi, yang mengubah valve timing pada intake cam. Untuk versi Jepang, tenaga yang dihasilkan oleh mesin 4B11T 2.0 bersusunan 4-silinder 2.000 cc dengan turbocharger plus intercooled ini bisa mencapai 291 HP pada putaran mesin 6.500 RPM.

Sejumlah suku cadang, seperti camshaft dan valvespring Jun Auto, serta retainer berbahan titanium dipasangkan di sini. Dengan bahan titanium, selain kuat dan ringan, ia dapat membantu mengurangi valve float.

Supaya menambah flow di RPM tinggi, klep oversize Tomei pun dipasangkan. Agar bisa melakukan dial cam gear, Lukas memasangkan part Jun.

Pompa bensinnya didukung produk Deatshwerks 340 lph. Menurut dia, ini untuk menjamin asupan bahan bakar terkontrol dari ECU standalone Haltech PS2000.

Perangkat turbo menggunakan M7 buatan Jepang. Lalu, untuk sektor transmisi, Lukas membenamkan twin metal plate Exedy.

Hasilnya? Sebelum Lancer Evo ini di-upgrade, Amandio mendapati waktu putaran 1:48 detik. Proses modifikasi lantas mendongkrak catatan waktu lebih cepat empat detik. Kecepatannya pun bisa mencapai 230 km/jam di trek lurus saat dicoba di Sirkuit Sentul.

Spesifikasi

Mobi: Mitsubishi Evolution IX GT (2007)

Camshaft: Jun Auto

Valve spring dan retainer: Jun Auto

Cam sprocket: Jun Auto

Manajemen bahan bakar: Haltech PS2000

Radiator: Koyo

Intercooler kit: M7

Suspensi: HKS Hypermax

Rollcage: Cusco

Mobil Keren Lainnya

    (kpl/why/rd)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami