Lampu Motor LED vs Halogen, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Pilih mana antara lampu motor LED atau halogen? Sebelum itu, kenali dulu kelebihan dan kekurangannya

Rabu, 19 Agustus 2020 08:15
Lampu Motor LED vs Halogen, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Ilustrasi lampu motor (Liputan6.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Ada beberapa jenis lampu motor yang digunakan saat ini, namun yang paling sering dipakai adalah jenis LED dan halogen. Bahkan dalam pemakaiannya sendiri, dalam beberapa model kendaraan LED kini sudah menjadi lampu original sepeda motor.

Terkait hal itu, tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri dibandingkan lampu halogen. Lantas apa saja?

Berikut ini ulasan lengkapnya, kelebihan dan kekurangan dari lampu motor LED dan halogen yang dilansir dari laman Suzuki Indonesia.

 

1 dari 4 Halaman

Kelebihan Lampu Motor LED

Lampu motor LED sudah diakui lebih awet dan tahan lama atau tidak gampang putus ketimbang halogen. Pasalnya cahaya putih yang dihasilkan tidak melalui proses pembakaran. Sehingga tidak menghasilkan suhu panas berlebih.

Menariknya lagi, lampu LED juga hemat energi, sehingga aki kendaraan tak cepat habis. Terbukti juga bahwa lampu LED 6 sampai 7 kali lebih efisien dibanding halogen.

Tidak hanya soal itu saja, penggunaan lampu LED juga membuat tampilan motor makin kece. Apalagi lampu putih yang dihasilkan memberi kesan lebih terang dibanding warna kuning pada halogen.

2 dari 4 Halaman

Kelemahan Lampu Motor LED

Memang lampu LED memiliki cukup banyak kelebihan tadi, namun ada juga kekurangannya lho Otolovers. Pertama tentu adalah soal harga yang lebih mahal dibanding dengan lampu pijar biasa.

Kemudian, jika lampu LED rusak maka Otolovers harus mengganti semuanya atau satu set dengan batok lampunya.

Diyakini juga, lampu LED cukup menyilaukan saat malam hari bagi pengendara lain. Selain itu, sorot cahayanya pun tak bisa menembus kabut.

Terakhir adalah terkait pemasangan. Lampu LED cukup rumit dalam urusan pasang memasang. Berbeda halnya dengan halogen yang sangat mudah.

3 dari 4 Halaman

Kelebihan Lampu Motor Halogen

Lampu halogen pun saat ini masih dipakai di beberapa model motor. Cukup banyak juga kelebihan dari sistem pencahayaan ini. Pertama adalah harga yang lebih murah dibanding LED.

Kemudian memiliki intensitas cahaya yang lebih kuat. Sehingga meski kabut atau dalam kondisi lain halogen cukup mumpuni dalam urusan penerangan.

Selain itu, halogen pun cukup mudah dalam urusan pemasangan. Jika lampu rusak atau putus, pemilik tinggal mengganti bohlamnya saja, tidak perlu satu set dengan batoknya.

4 dari 4 Halaman

Kelemahan Lampu Motor Halogen

Terkait kelemahan lampu halogen tentu cukup banyak dan merupakan kebalikan dari kelebihan LED.

Lampu motor halogen memiliki daya dan suhu tinggi. Tak heran jika bohlam cepat panas dan bagian lampu, serta batoknya cepat buram atau tidak bening.

Karena itu juga pemakaian halogen juga boros energi. Aki motor cepat terkuras dan drop, sebab setiap beroperasi menghasilkan daya minimal sebesar 55 watt.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis lampu motor tersebut. Terkait bagus mana, tentu tergantung kondisi berkendara Otolovers. Pilihan ada di tangan Otolovers sendiri!

 

(kpl/ahm)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami