Lama Tanpa Perubahan, Inikah Toyota CH-R Terbaru?

Toyota CH-R di Indonesia sampai saat ini belum mendapatkan facelift. Di luar Indonesia, wujud baru crossover itu sempat terungkap. Begini rinciannya.

Kamis, 06 Januari 2022 16:15
Lama Tanpa Perubahan, Inikah Toyota CH-R Terbaru? Toyota bZ Compact SUV (Toyota)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Toyota CH-R sudah cukup lama mengaspal di Indonesia. Mobil itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018, sedangkan tipe hybrid diluncurkan setahun berikutnya.

Sementara secara internasional, crossover unik itu sempat mengalami perubahan minor (facelift) pada tahun 2019. Improvement menonjol dari segi tampilan, mesin hybrid baru untuk pasar Eropa dan model GR Sport untuk pasar Jepang.

Meski CH-R di Indonesia hingga saat ini belum menyandang status facelift, SUV itu dikabarkan akan mempunyai model baru.

1 dari 4 Halaman

Mobil konsep

Toyota bZ Compact SUV (Toyota)

Melansir situs bestcarweb.jp, wujud terbaru Toyota CH-R sempat terciduk tahun lalu. Mobil tersebut pertama kali dipamerkan pada saat Toyota memejeng 16 mobil konsep baru dengan basis elektrik.

Di antara 16 model itu, mobil dengan nama "bZ Compact SUV" diduga kuat sebagai generasi terbaru CH-R. Yang menarik, seorang narasumber dari Toyota Motor Corporation (TMC) sendiri cukup terkejut saat mobil itu ditampilkan.

2 dari 4 Halaman

Situs itu menjelaskan bahwa si narasumber tidak mengetahui ajang besar Toyota di mana Akio Toyoda, President and CEO of TMC, menunjukkan sejumlah mobil konsep tersebut. Pasalnya, ia hanya mengetahui keberadaan mobil itu setelah berita terkait acara tersebut tersebar.

Dari foto-foto yang ada, Toyota bZ Compact SUV nampak mengusung desain CH-R. Mobil tersebut mempunyai bodi dengan banyak tarikan dinamis, serta atap sloping seperti mobil coupe.

Lantaran masih sebatas "mobil konsep", versi final mobil itu kemungkinan bisa mengalami perubahan. Yang pasti, menurut situs itu, CH-R terbaru nanti akan mengusung bentuk dasar dari bZ Compact SUV.

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi

Toyota CH-R Hybrid di IIMS 2019 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Spesifikasi bZ Compact SUV masih menjadi misteri. Namun jika mengacu pada mobil listrik terbaru Toyota, yakni bZ4x, kemungkinan besar CH-R terbaru nanti akan dirilis sebagai Electric Vehicle (EV).

Sebagai patokan, bZ4x dibekali motor listrik tunggal dengan daya 201 hp dan torsi 265 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) dengan jarak tempuh maksimal 500km. Sementara versi penggerak empat roda (AWD) mempunyai motor listrik ganda dengan letupan daya 214 hp dan torsi 336 Nm. Jarak tempuh bZ4x AWD mencapai 460 km.

4 dari 4 Halaman

Sebagai alternatif, bisa jadi CH-R generasi terbaru juga akan tersedia dengan mesin turbo berbahan bakar minyak. Pasalnya, versi ini juga akan menggunakan FWD dan AWD.

Untuk harga, crossover penuh misteri ini diprediksi akan dibanderol sekitar 6 juta Yen atau Rp 743 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 123,91) untuk versi EV, sementara CH-R biasa dijual dengan harga di kisaran 4 juta Yen atau Rp 495 juta.

Tanggal peluncuran kemungkinan akan berlangsung di akhir tahun 2022 atau 2023.

Mengingat Toyota CH-R di Indonesia hingga saat ini belum mendapatkan penyegaran, apakah PT Toyota Astra Motor (TAM) akan langsung menghadirkan model terbarunya? Menarik untuk ditunggu.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami