Lakukan Pengereman dengan Aman, Ikuti Cara ini

Teknik pengereman yang baik bisa menjadi solusi untuk menghindari resiko kecelakaan. Rem adalah satu-satunya alat yang bisa memngurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.

Selasa, 13 Februari 2018 21:45
Ilustrasi : motorcycle.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Teknik pengereman yang baik bisa menjadi solusi untuk menghindari resiko kecelakaan. Rem adalah satu-satunya alat yang bisa memngurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.

Banyak yang mengira bahwa pengereman dilakukan untuk menghentikan motor. Namun, tujuan sebenarnya adalah untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap hingga berhenti total.

Mengerem yang benar dan efektif adalah dengan menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Menghentikan kendaraan paling efektif dilakukan oleh rem depan. Penggunaan rem belakang bertujuan untuk mengimbangi penurunan laju kendaraan.

Apabila dipersentasekan, rem depan memiliki porsi sebesar 60% dan rem belakang hanya 40%. Jika rem depan tidak diimbangi, motor berpotensi untuk terjungkal. Sedangkan jika hanya menggunakan rem belakang, bisa dipastikan bahwa ban belakang akan selip dan tidak stabil atau biasa disebut dengan "ngepot". Kedua kondisi tersebut biasanya berujung pada kecelakaan.

Upaya pengereman lebih efektif dilakukan apabila dibarengi dengan engine brake. Bantuan engine brake diperoleh dengan cara menurunkan gigi shingga mengurangi kecepatan sepeda motor. Hal ini perlu pembiasaan dan tidak boleh dilaukan secara asal karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

TIPS BERGUNA LAINNYA, GENGS!

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami