'Laher' atau 'Laker' Ternyata Dari Bahasa Belanda

Untuk istilah Laher, ternyata kata ini berasal dari bahasa belanda 'Lager'. Kemungkinan karena sulitnya penyebutan, akhirnya menjadi 'laher'.

Rabu, 19 April 2017 16:15
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam dunia otomotif, khususnya pada roda dua banyak istilah yang tidak murni muncul dari Indonesia. Seperti halnya Bearing atau yang juga dikenal dengan istilah Laher.

Part ini banyak digunakan pada jeroan mesin sepeda motor dan sumbu roda. Menurut situs pengetahuan, Wikipedia, "Bearing dalam ilmu mekanika adalah sebuah elemen mesin yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan," dikutip Rabu 19/04.

Bearing sendiri berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti bantalan. Penggunaan istilah ini menegaskan fungsinya sebagai pembatas dari sebuah gerak mesin.

Sementara untuk istilah Laher, ternyata kata ini berasal dari bahasa belanda Lager. Kemungkinan karena sulitnya penyebutan, akhirnya menjadi 'Laher'.

Ada juga yang menyebutnya dengan 'Laker'. Diperkirakan juga karena lebih mudah dalam penyebutan dari bahasa asal 'Lager'.

Ragam News Menarik Dunia Otomotif Lainnya

(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami