Lady Biker Cantik Asal Belanda ini Akan Menjelajah Indonesia

Seorang lady biker cantik asal Belanda akan menjelajah Indonesia lantaran tertarik dengan pesona alam dan masyarakatnya.

Rabu, 12 Desember 2018 21:45
Heleen, lady biker asal Belanda (Dokumen Pribadi)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Namanya Heleen. Perempuan cantik berusia 27 tahun asal Utrecht, Belanda, ini baru tiga tahun belakangan mengaku paham bahwa mengendarai sepeda motor membuatnya serasa sebebas burung yang terbang ke mana saja.

Ia pun bertemu Otosia dan bercerita mengenai hobinya pelesiran ke berbagai negara, termasuk menembus tempat-tempat jauh, dari Yogyakarta hingga Nikaragua.

"Saya naik motor sejak 2015, jadi sudah 3 tahun sampai sekarang. Buat saya naik sepeda motor membuatu diri saya bebas. Saya dapat berkendara kapan pun saya suka, dan ketika saya bisa berada di jalan, rasanya bebas seperti burung," kata perempuan yang mengaku suka berkendara cepat ini.

Namun baginya sepeda motor bukan hanya soal kebebasan dan kecepatan. Dia merasakan senangnya berjalan jauh dan bagaimana hal tersebut memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru.

"Saya suka bahwa kita bisa bertemu begitu banyak orang baru. Saya pikir semua pengendara terhubung dengan cara yang sama karena semangat yang sama. Di samping itu, saya pikir berkendara adalah alasan yang menarik untuk tetap bisa fokus dan tetap memegang kendali. Itulah cara kita untuk dapat terus menantang diri sendiri, menemukan keseimbangan, mendorongnya sampai ke batas, dan tetap memegang kendali," ujar pemilik akun Instagram @muchachabiker.

Perempuan yang baru berencana untuk menjajal sirkuit pada 2019 mendatang ini mengaku punya pengalaman saat berkendara. Beruntung dia tidak cedera, tetapi kenangan itu melekat.

"Pengalaman buruk, hanya sekali ketika saya menabrak dengan sangat keras dan jatuh dari sepeda motor saya. Saya tidak mengalami cedera, tetapi sepeda motor saya agak rusak. Ini selalu menjadi memori yang mengguncang saya," ujarnya.

Meski demikian, petualangannya tetap berjalan. Dia mengaku sudah beberapa kali menyambangi ke negara-negara di belahan dunia lain termasuk Asia dan khususnya Indonesia. Tapi ini dilakukan dalam rangka trip atau berlibur, bukan touring.

"Saya keliling di Vietnam, dari Hanoi ke kota Ho Chi Mhin. Ini sekitar 1.500-1.600 kilometer. Juga beberapa tour di Nikaragua dan tentu saja Jerman dan Belanda. Saya juga pernah naik motor (sewa) ke Yogyakarta. Di sana kami jalan-jalan ke Borobudur naik sepeda motor 125 cc hahaha," ujarnya merasa lucu sekaligus senang.

Ia pun sempat menyewa sepeda motor sampai Lombok. Pernah juga ia ke Jakarta, Nusa Penida, Bali, dan Kepulauan Gili.

"Saya ingin touring dengan sepeda motor saya menjelajahi seluruh Indonesia, tetapi tidak punya cukup waktu untuk melihat semuanya. Saya ingin sekali kembali ke Indonesia suatu hari nanti. Tetapi tidak tahu kapan. Saya akan melakukannya sendiri, tetapi ada kemungkina pacar saya datang dengan saya," kata pengguna Yamaha R1 Crossplane putih (2009) dan Kawasaki ZX6R biru (2003) ini.

Bagi sebagian rider asing, perjalanan di Indonesia bisa saja berbahaya karena ramai dengan kendaraan besar. Namun, dia sendiri menyatakan tidak takut berwisata atau touring dengan moge ke Indonesia.

"Tidak, saya tidak takut. Saya juga bepergian dengan sepeda motor di Vietnam dan lalu lintas di sana sangat mirip (dengan di Indonesia). Yang penting tetap fokus, bunyikan klakson hanya bila perlu, dan selalu lihat orang-orang yang ada di depan kita," ujarnya.

Biker asal Belanda ini mengaku bahwa Indonesia selalu menjadi negara yang menarik untuk dikunjunginya. Dia merasa terhubung dengan sejarah. Banyak orang Indonesia tinggal di Belanda sehingga mereka membuat dirinya ingin tahu lebih jauh.

"Juga jalanan, gunung, pantai yang indah tempat kita dapat berakhir. dan banyak sepeda motor membuat saya tertarik untuk berkendara di Indonesia," kata dia.

Sebaliknya, dia pun pernah terpikir pula untuk mengundang biker Indonesia main-main di negerinya. Rider yang biasa berkendara di Postbank di dekat Arnhem dan Zandvoort yang berada di dekat pantai ini mengaku akan mengajak rider Indonesia ke satu tempat spesial.

"Saya akan mengundang biker Indonesia untuk melihat Kinderdijk di Belanda. Ini tempat yang indah dengan banyak kincir angin. Belanda biasanya cantik ketika musim panas. Di musim dingin, akan sedikit dingin. Tapi ya sejujurnya saya tidak akan mengatakan Belanda adalah negara terbaik untuk touring. Kami tidak punya gunung. Jadi kadang-kadang saya pergi ke jalan-jalan yang melengkung tinggi saja," ungkapnya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/nzr/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami