Kupas Tuntas Perubahan Pada Suzuki Nex II

Beberapa waktu lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan desain terbaru dari Suzuki Nex. Mengusung nama Suzuki Nex II, skutik entry level ini dirilis dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Sabtu, 28 April 2018 10:45
Foto: Liputan6.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa waktu lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan desain terbaru dari Suzuki Nex. Mengusung nama Suzuki Nex II, skutik entry level ini dirilis dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Kini, penampilan skuter tersebut semakin sporty dengan garis yang meruncing. Rupanya, perubahan tidak hanya dilakukan oleh Suzuki pada bagian cover body saja.

Bisa dibilang, nyaris seluruh komponen mengalami revisi sebagai penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Berikut beberapa perbedaan antara Suzuki Nex lama dengan Suzuki Nex II :

1. Rangka

Jika dilihat sekilas, Suzuki Nex II memang lebih besar dibanding generasi sebelumnnya. Hal itu disebabkan oleh perubahan dimensi dan frame atau sasis yang digarap ulang.

Akibatnya, wheelbase Suzuki Nex II mencapai 1260 mm dari sebelumnya yang hanya 1235 mm. Tentunya hal ini akan meningkatkan kestabilan motor tersebut.

Ground clearance pun dibuat lebih tinggi, 150 mm, supaya Suzuki Nex II tidak tersangkut ketika harus melewati polisi tidur dalam keadaan berboncengan.

2. Kaki-kaki

Revisi pun dilakukan pada sektor kaki-kaki. Ukuran ban depan ditingkatkan dari sebelumnya 70/90-14 (depan) dan 80/90-14 (Belakang) menjadi 80/90-14 (depan) dan 90/90-14 (belakang). Ubahan ini juga membuat Suzuki Nex II menjadi lebih stabil ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

Sisi pengereman juga tak luput dari perhatian. Kaliper rem depan dibuat lebih besar,34 mm, dibanding sebelumnya yang hanya 32 mm. Praktis, pengereman akan menjadi lebih baik.

3. Kenyamanan

Bisa dibilang, Suzuki Nex II lebih nyaman dibanding generasi sebelumnya. Pasalnya, jok skutik 115 cc ini diperlebar menjadi 250 mm dengan panjang 690 mm.

Kompartemen dek juga memiliki volume yang lebih besar, dari sebelumnya 0,8 liter menjadi 0,88 liter. Upaya memberi kenyamanan kepada pengendara pun terlihat dari dek kaki yang lebih luas.

4. Kelistrikan

Yang paling menarik adalah sistem kelistrikan. Jika generasi sebelumnya menggunakan arus AC, maka Suzuki Nex II sudah menerapkan arus DC. Pastinya cahaya menjadi lebih stabil karena tak lagi bergantung pada putaran mesin.

Dampaknya, motor ini sekarang sudah menggunakan LED headlight. Selain itu, juga terdapat teknologi "Easy Start System" yang memudahkan pengendara untuk menyalakan motor ini.

Tak lupa, penyematan uSB charger port layaknya produk kompetitor lainnya. Tentunya komponen ini membuat pengendara atau pun penumpang tidak perlu khawatir ponsel mereka akan kehabisan daya.

5. Mesin

Body dan rangka baru dirasa kurang lengkap jika tak disertai dengan revisi pada segi dapur pacu. Meskipun masih menggunakan mesin 1-silinder 113 cc, Suzuki Nex II memiliki ledakan daya yang lebih besar.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 9 hp dan lebih unggul dibanding generasi sebelumnya serta skutik kompetitor. Angka tersebut bisa dicapai berkat teknologi Suzuki Eco Performance.

Meski terbilang memiliki tenaga yang mumpuni, konsumsi bensin Suzuki Nex II cukup irit. Pihak Suzuki mengkalim motor ini mampu menempuh 176,4 km dengan bensin sebanyak 3,6 liter.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami