KTM Duke 790 dan Adventure Meluncur di JFK, Termahal Rp350 Juta

PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) merilis dua moge sekaligus KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure di Jakarta Fair Kemayoran (JFK)

Selasa, 25 Juni 2019 13:15
KTM Duke 790 dan Adventure Meluncur di JFK, Termahal Rp350 Juta KTM Duke 790 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) merilis dua moge sekaligus KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) Senin malam (24/6). Sebelumnya kedua motor tersebut diperkenalkan di EICMA-Milan Motorcycle Show di Italia.

Meski menggondol mesin yang sama, keduanya berbeda habitat. KTM 790 Duke lebih berorientasi pada motor jalanan atau motor sport, sedangkan KTM 790 Adventure bermain di medan dual purpose.

KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure merupakan terobosan baru bagi KTM dengan street bike dan off-roader pertama dalam sejarah perusahaan yang menampilkan mesin compact parallel-twin. KTM 790 ini diambil dari DNA Super Duke 1290, Super Adventure R 1290 dan Seri Paris Dakkar.

"KTM Adventure 790 kita peruntukan untuk mereka yang suka adventure dan offroad, Kalau Duke 790 bergaya street bike. Jadi kedua motor ini mengakomodir kedua pengggunaan yang berbeda," kata Kristianto Gunadi, Presiden Direktur PJLM.

 

 

1 dari 3 Halaman

Rangka KTM Duke 790 Adventure

Rangka KTM Duke 790 Adventure

KTM 790 dibangun dengan kerangka baja teralis dengan posisi mesin kompak dan minimalis menambah penampilannya menjadi lebih kekar, dengan mesin twin pararel 799cc Cooled compact, menghasilkan torsi 105 hp dan torsi 86 Nm

"Yang unik, KTM Duke 790 dilengkapi tangki yang menampung 20 liter BBM, sehingga sanggup melaju sejauh 450 km tanpa perlu isi ulang bahan bakar," terangnya.

Dilengkapi gearbox enam kecepatan dengan fitur Power Assist Slipper Clutch (PASC) yang telah menjadi merek dagang KTM sejak lama, PASC memungkinkan pengendara mengoperasikan kopling hanya dengan satu jari

Ketika kecepatan menurun tajam atau tekanan keras, tekanan kopling akan dilepaskan sedikit sehingga roda belakang tidak mengunci

Rangka terbuat dari besi molibdenum yang lebih tipis. Distribusi kekakuan kerangka disetel . Kendati menggunakan pelek roda sebesar 21 inch di depan dan 18 inch di belakang, namun rangka mesin juga dapat disetel yang memungkinkan sadel dapat diturunkan menjadi hanya 830 mm.

2 dari 3 Halaman

Fitur KTM Duke 790 Adventure

Fitur KTM Duke 790 Adventure

Fitur standar moge KTM seperti Ride-by-Wire, Throttle Control Traction (MTC), Cornering AB5, Off-road ABS dan Offroad Ride Mode telah dipasangkan pada KTM 790

Selain itu, biker dapat menginstal paket berkendara secara rally yang mencakup Rally Mode. Mode ini memungkinkan pengendara untuk memilih slider roda belakang dan throttle feedback agar sesuai dengan kondisi offroad

Fitur lainnya adalah Quickshifter di mana pengendara dapat melakukan konversi gigi yang mulus tanpa menggunakan pedal kopling pada kecepatan tinggi

Menengok ke bagian dasbor, terdapat speedometer modern dengan layar TFT yang dapat diintegrasikan dengan smartphone melalui aplikasi KTM MY RIDE.

Sementara Suspensi tinggi dengan mudah menyerap bahkan gundukan terbesar dan memungkinkan langkah yang sangat cepat

Footpegs memiliki sisipan karet yang dapat dilepas, yang mengekspos tepi bergerigi untuk cengkeraman off-road. Pad rem pedal yang dapat dibalik, yang naik ketika dibalik untuk memfasilitasi pengendara stand-up

3 dari 3 Halaman

KTM Duke 790

KTM Duke 790

Sementara KTM 790 Duke mengambil gaya pisau bedah tajam dan runcing, yang terinspirasi dari KTM Super Duke 1290 dan KTM 1290 Adventure.

Desain headlamp split, tangki bahan bakar bersudut, bodywork minimalis, dan skema cat keras memberikan tampilan futuristik

Model ini juga dibekali dapur pacu Twin-cooled berpendingin cair 799 cc yang menampilkan tata letak crankpin 285 derajat yang unik. Sehingga dapat memberikan tatanan penembakan 75 derajat, seperti halnya V-twin KTM yang lebih besar. Dengan bekal tersebut motor ini sanggup meletupkan tenaga 94 tenaga kuda dan torsi 65 lb-ft.

Sementara suspensi didesain cukup tinggi, sehingga mudah menyerap goncangan yang sangat cepat bahkan dari gundukan besar. 

KTM Duke 790 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan oranye dengan banderol harga Rp320 juta, sedangkan dan KTM Adventure 790 yang menyediakan warna oranye dan putih dijual Rp350 juta.

(kpl/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami