Kredit Mobil vs KPR, Mana yang Harus Jadi Prioritas?

Daripada galau berkepanjangan, gunakan beberapa pertimbangan berikut ini.

Minggu, 08 September 2019 10:24
(c) Shutterstock
Editor : Wuri

Otosia.com - Mapan bukan jaminan hidup tenang, apalagi buat generasi muda yang punya banyak kebutuhan. Salah satunya mana dulu yang jadi prioritasmu, mengajukan aplikasi bank untuk KPR atau kredit kendaraan bermotor untuk memiliki mobil impian. Keduanya sama-sama penting dan bikin dirimu merasa dilema. Daripada galau berkepanjangan, gunakan beberapa pertimbangan berikut ini.

Mana yang Jadi Kebutuhan Utama

Kalau mengikuti keinginan tentunya mau diambil semua, tapi tanyakan pada diri sendiri apa yang jadi kebutuhanmu sekarang. Jika masih nyaman tinggal bersama orangtua atau menyewa rumah dan lebih membutuhkan mobil sebagai sarana transportasi, maka letakkan sebagai prioritas utama. Tapi sebaliknya jika ingin segera hidup mandiri, ada baiknya sejak awal menabung untuk KPR.

Perhitungkan Kemampuanmu

Selain mempertimbangkan kebutuhan mana yang lebih utama, perhitungkan juga kemampuanmu untuk mencicil mobil atau rumah. Syukur-syukur jika bisa menutupi cicilan keduanya, tapi jika takut kewalahan prioritaskan mana yang sesuai dengan kemampuanmu atau cari tambahan penghasilan agar kebutuhan bulanan tetap bisa terpenuhi.

Perhatikan Biaya-Biaya Lainnya

Membeli rumah secara kredit atau KPR memang tampak lebih mahal dan jangka waktu mencicilnya lebih lama. Tapi jangan lupa, saat memutuskan untuk membeli mobil maka harus siap dengan biaya yang digelontorkan secara berkala. Mulai dari pajak, biaya perawatan, parkir, bahan bakar, servis, hingga asuransi yang angkanya nggak sedikit.

Kesiapan Melepas Masa Lajang

Buat yang sudah punya pasangan dan berencana melepas masa lajang, hal ini juga bisa dijadikan tolak ukur untuk membeli mobil atau rumah terlebih dahulu. Kalau rencanamu untuk menikah masih cukup lama, membeli kendaraan mungkin akan lebih berguna dan mendukung aktivitas sehari-hari.

Tapi jika sudah merencanakan untuk meminang pasangan dalam waktu dekat, ini saatnya menabung dan mengajukan KPR. Sebisa mungkin jangan merepotkan orangtua atau mertua setelah menikah dengan menumpang rumah saat mulai berumah tangga.

Investasi yang Lebih Menguntungkan

Baik rumah atau mobil, keduanya merupakan aset kekayaan dan bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang. Selain digunakan sendiri, mobil juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan misalnya dengan menyewakannya, menjadi driver taksi online, hingga membuka bisnis antar jemput anak sekolah. Di sisi lain, rumah juga bisa jadi investasi yang nggak kalah menguntungkan, misalnya bisa disewakan.

Tapi jangan lupa untuk memperhitungkan harga mobil dan rumah yang berbanding terbalik. Jika harga rumah akan terus naik tiap tahunnya, mobil justru merosot karena mengalami penyusutan 5-10 persen sebagai benda bergerak.

Sama-sama punya kelebihan dan kekurangan, membeli rumah atau mobil juga perlu pertimbangan yang lengkap dan kompleks. Apalagi dana yang dikeluarkan baik membelinya secara tunai atau mencicilnya secara kredit nggak sedikit. Sudah menemukan jawaban yang tepat?

(kpl/eth)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami