Kosmetik Audio Pajero Sport ini Sukses Juarai SQL

Sang Owner, Lukman juga 'gila musik'. Lukman akhirnya menyerahkan sepenuhnya pada Din Audio untuk diinstalasi sesuai keinginannya.

Kamis, 04 Januari 2018 12:30
Audio Pajero (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Modifikasi di sektor audio yang masih diminati para penggila musik hingga saat ini adalah Sound Quality Loud (SQL). SQL merupakan aliran yang menonjolkan kekerasan suara dengan mengombinasikan SQ (sound quality) yang menonjolkan sisi high end audio yang memberikan kejernihan suara.

Hal itulah yang menjadi alasan utama bagi pemilik gerai Audio Installer, Din Audio untuk mendandani perangkat sound system pada mobil konsumennya dengan aliran SQL. Secara kebetulan, sang Owner, Lukman juga 'gila musik'. Lukman akhirnya menyerahkan sepenuhnya pada Din Audio untuk diinstalasi sesuai keinginannya.

"Din Audio Installer memang fokus di aliran SQL. Karena aliran ini banyak diminati pecinta musik. Tujuannya mau bikin suara yang berkualitas serta jernih," ujar Rudiansyah, saat ditemui di gerainya,Din Audio di MGK, Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/1).

Perihal komponen Audio yang digunakan Lukman untuk memodifikasi Pajero Sport antara lain, head unit Sony highrest, dengan perangkat RE Audio, diantaranya Three Way 2 set, Coaxial 2 Set, 2 Subwover RE Audio dan 2 subwoofer Loader, 6 Power masing-masing 1 Channel 1 set, serta custom design box.

"Mulai dari head unit saya menggunakan Sony highrest, untuk intensitas suara yang baik. Untuk powernya ada 6, masing-masing 1 channel 1 item untuk mendongkrak 3 speaker depan," jelas pria yang akrab disapa Udin ini.

Untuk speaker doortrim pintu belakang, lanjutnya, difungsikan untuk mengejar SQL. Karena menurutnya SQL identik dengan suara bass yang kencang dan vokalnya mengimbangi subwoofernya. "Kebanyakan di level ini sering kedodoran antara vokal sama bassnya ngak imbang," bebernya.

Kemudian untuk Subwoofer, menggunakan 4 sub, yaitu RE Audio 2 pcs dan Loader 2 pcs. "Kita pakai 4 sub agar loadnya kencang serta enak dan nyaman di telinga. Kadang ada yang kencang tapi ngak enak di telinga," kilah Udin.

Untuk Speaker dan midnya satu set, yaitu pakai audio belpisic dan S audio. Dua merk speaker tersebut dikombinasi Udin agar lebih nyaring suaranya. Bicara menyoal prestasi, Pajero Sport ini masih bertahan di peringkat 1 dan juara 2. "Intinya mobil ini selalu mendapat tropi dan peringkat baik," tandasnya.

Untuk harga membangun audio SQL, Lukman menghabiskan dana sekitar Rp 50 juta. "Untuk mendandani perangkat sound system ini dilakukan secara bertahap, yaitu tahap awal dengan audio standar lalu diterjunkan di kontes audio. Jika dirasa ada yang kurang, kami pun menambahnya hingga proses akhir hingga sebulan," pungkas Udin.

JANGAN KELEWATAN BERITA LAINNYA, OTOLOVERS!

(kpl/nz/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami