Konsumsi Bensin Yamaha NMax 2020, Hampir 50 Km/Liter

Bisa dibilang konsumsi Yamaha NMax 2020 irit, bahkan hampir menyentuh 50 km/liter.

Jum'at, 31 Juli 2020 18:15
Konsumsi Bensin Yamaha NMax 2020, Hampir 50 Km/Liter Yamaha NMax 2020 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Efisiensi konsumsi bahan bakar kerap menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan sebelum membeli kendaraan, termasuk sepeda motor. Tentu hal ini tak terlepas dari pengeluaran yang diperlukan untuk berkendara sehari-hari.

Biasanya, motor irit identik dengan skuter matik (skutik) entry-level. Pasalnya, kapasitas mesinnya cenderung kecil, sekitar 110-125 cc, dan memiliki dimensi yang ringkas. Lantas, apakah skutik gambot seperti Yamaha NMax terbilang boros?

1 dari 2 Halaman

Secara spesifik, Yamaha NMax 2020 dibekali mesin 1-silinder 155 cc berteknologi BlueCore VVA (Variable Valve Actuation). Konfigurasi ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,1 hp dengan torsi maksimum 13,9 Nm.

Berdasarkan hasil pengujian redaksi Otosia, setelah menempuh 80 km dan beberapa titik kemacetan di Jakarta, Yamaha NMax mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar mencapai 47,6 km/liter. Angka ini terbilang irit untuk sebuat skutik berkapasitas 155 cc.

2 dari 2 Halaman

Memang, konsumsi bahan bakar tak hanya ditentukan oleh konfigurasi mesin, tapi juga cara berkendara. Selama pengujian, kami cenderung membuka gas secara halus dan mencoba untuk konstan di kecepatan sekitar 50 km/jam.

Dengan cara tersebut, memang fitur VVA belum bekerja. Pasalnya, di kecepatan sekitar 50 km/jam, putaran mesin masih di bawah 6.000 rpm. Tapi, prediksi kami, konsumsi bahan bakar Yamaha NMax tak akan jauh dari angka 40 km/liter.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami