Konsumsi Bahan Bakar Mobil Hybrid Tak Sesuai Klaim Pabrikan?

Sebanyak 98 persen pabrikan tidak bisa memenuhi klaim konsumsi bahan bakar sesuai dengan yang diiklankan.

Kamis, 07 Juni 2018 11:15
Foto: Forbes.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Berbagai pabrikan otomotif kerap menyajikan data efisiensi bahan bakar setiap kali memasarkan produknya. Pasalnya, hal ini kerap menjadi salah satu pertimbangan calon pembeli. Terlebih mereka tengah bersaing di sektor mobil hybrid yang diklaim lebih efisien ketimbang model konvensional.

Ternyata, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Honestjohn.co.uk, sebanyak 98 persen pabrikan tidak bisa memenuhi klaim konsumsi bahan bakar sesuai dengan yang diiklankan. Bahkan, hanya 1 dari 39 mobil hybrid di Inggris yang pemakaian bahan bakarnya mendekati klaim pabrikan.

Mercedes-Benz C350e

Menurut sumber yang sama, Mercedes-Benz C350e menjadi mobil hybrid terburuk. Produk asal Jerman ini hanya bisa meraih 36,9 persen dari klaim yang ditawarkan. Di atasnya ada BMW 330e dengan raihan 37,2 persen dan VW Golf GTE yang hanya meraih angka 38,1 persen.

Bahkan, mobil terlaris di Britania Raya, Mitsubishi Outlander PHEV, hanya meraih 42,5 persen. Sementara BMW 2-Series Active Tourer 225xe berada di atasnya dengan raihan 56 persen. Ternyata, secara keseluruhan, rata-rata mobil hanya bisa memenuhi 70 persen dari klaim konsumsi bahan bakar.

Toyota Lexus GS450h

Gelar mobil hybrid justru jatuh pada produk Jepang, Toyota Lexus GS450h dengan persentase kesesuaian klaim dan iklan konsumsi bahan bakar mencapai 84 persen. Posisi kedua dan ketiga juga dihuni produk Toyota, RAV Hybrid 2WD, 79 persen serta diikuti oleh Toyota Yaris 1.5 VVT-I Hybrid dengan kesesuaian mencapai 78 persen.

Produk Toyota lainnya, C-HR 1.8 Hybrid, juga bertengger di peringkat keempat dan diikuti oleh Kia Niro 1.6 GDI Hybrid dengan raihan keduanya mencapai 77 persen. Hasil ini didapat setelah melakukan pengujian maksimal di laboratorium yang disesuaikan dengan kondisi jalanan sebenarnya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami