Komunitas Unik ICMB, Wadahnya Penggemar Motor Mini Klasik

Komunitas penggemar sepeda motor mini, Indonesia Classic Mini Bike (ICMB) ikut unjuk gigi di Indonesia Greaser Party. Gagasan membentuk ICMB tak lain karena alasan melestarikan keberadaan mini bike di Indonesia.

Sabtu, 11 April 2015 08:15
Komunitas Unik ICMB (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Komunitas penggemar sepeda motor mini, Indonesia Classic Mini Bike (ICMB) ikut unjuk gigi di Indonesia Greaser Party di Parkir Barat Senayan, Jakarta 10-12 April 2015. Berbagai tipe mini bike turut diboyong komunitas ini, diantaranya Yamaha Passol, Honda Gorilla, Z50 Monkey, Motocompo Z50-4liter, serta Honda Dax. Bahkan mini bike langka di dunia turut dikoleksi salah satu anggota ICMB.

Salah satu motor mini yang menjadi favorit yaitu Honda ST-50M turut mereka hadirkan. Motor tersebut menjadi kebanggaan lantaran langka dan cuma ada 1 unit di Indonesia. Begitu juga Honda Mongkey Z50 yang diproduksi terbatas 500 unit di dunia.

Gagasan membentuk ICMB tak lain karena alasan melestarikan keberadaan mini bike di Indonesia. Komunitas ini diprakarsai oleh Faisal Sanad dan Gungun, yang kini jadi komando di ICMB. Komunitas ICMB sendiri lahir pada bulan Februari 2015 lalu.

"Sepeda motor mini klasik ini sengaja kami pamerkan selain untuk melestarikan keberadaan mini bike lawas di Indonesia juga untuk memperkenalkan berbagai varian dan tipe dari motor mini kepada para pengunjung," ujar Gungun, wakil ketua ICMB saat ditemui di boothnya.

Sementara ketua umum ICMB, Faisal Sanad menuturkan, komunitas ICMB paling banyak, sekitar 80 persen diisi motor original pabrikan Jepang. "Grup seperti ini memang sudah ada, tapi tampilan motornya banyak potongan. Artinya motor yang tadinya besar di buat kecil. Kalo di ICMB memang sudah demikian bentuknya, kami hadir sekadar untuk melestrikan keberadaanya di Indonesia,"tegas Faisal.

Pria yang juga mengoleksi mini bike sebanyak 23 motor ini juga membuka kesempatan bagi para kolektor sepeda mini klasik yang ingin bergabung di komunitas ICMB. Caranya dengan registrasi melalui media sosial ICMB, atau bisa juga menyambangi lokasi kongkow mereka setiap Minggu pagi di Pati Unus, Jakarta Selatan.

"Bagi member baru, kami akan melihat dulu tampilan motornya seperti apa, enak dilihat gak? terlalu ekstreme gak?. Kalo modifikasinya enak dilihat dan gak macem-macem, kami akan terima berbagung di ICMB," imbuhnya.

Saat ini anggota aktif ICMB mencapai puluhan orang dan kebanyakan adalah kaum pekerja. "Sepanjang 3 bulan ini, kami sudah berhasil merangkul 50 anggota dari berbagai chapter, seperti Jakarta, Bandung, Jogja dan Kalimantan. Kami juga berencana untuk membuka chapter di wilayah Bekasi," pungkasnya.

Motor Klasik Lainnya

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami