Barisan Mobil Mewah di Sekeliling 'Jokowi vs Prabowo'

Pesta Piala Dunia 2014 tidak hanya ramai dengan berbagai tim papan atas yang beraksi di lapangan hijau Negeri Samba, Brasil, tapi di Indonesia semarak akbar tersebut semakin gempita dengan bumbu ramainya persaingan calon presiden RI 2014.

Minggu, 15 Juni 2014 17:15
Barisan Mobil Mewah di Sekeliling 'Jokowi vs Prabowo' Mobil-mobil di lingkungan Jokowi vs Prabowo (Foto: dari berbagai sumber )

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Pesta Piala Dunia 2014 tidak hanya ramai dengan berbagai tim papan atas yang beraksi di lapangan hijau Negeri Samba, Brasil, tapi di Indonesia semarak akbar tersebut semakin gempita dengan bumbu ramainya persaingan calon presiden RI 2014. 

Pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa dengan nomor urut satu dan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla di nomor urut dua. Salah satu dari pasangan calon tersebut merupakan sosok yang nantinya terpilih oleh warga masyarakat seantero nusantara, untuk duduk di singgasana Presiden Republik Indonesia untuk lima tahun mendatang. 

Bicara soal selera otomotif dari masing-masing calon presiden, tentu mereka berbeda satu sama lain. Prabowo kerap diberitakan dengan sosok tegas dengan gaya hidup yang cukup mewah. Mobil tunggangannya pun rupanya berbanding lurus dengan seleranya tersebut. 

Berbeda dari sudut Jokowi, sosok pemimpin tersohor dengan perangainya yang santai dan gemar 'blusukan' ini, juga punya kesenangan unik dan dan mobil-mobil yang sering ia tunggangi terkesan biasa untuk sekelas pejabat tinggi. 

Tak hanya yang pernah mereka pakai, mobil-mobil fasilitas kampanye mereka pun tergolong varian-varian pilihan demi melancarkan aksi politis mereka. 

Lalu, mobil-mobil apa sajakah yang ada di sekitar mereka sejak sebelum menjadi capres dan hingga sekarang? Kira-kira mobil seperti apakah yang kerap dikendarai dalam melaksanakan tugas mereka? Berikut penelusurannya...

1 dari 13 Halaman

Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser

Sempat diberitakan menolak memakai mobil Land Cruiser dinas tersebut, Jokowi akhirnya mau mengendarainya ketika sedang meninjau kawasan Taman Semanggi. Uniknya, Jokowi yang masih menjabat Gubernur DKI Jakarta kala itu hanya beralasan hanya karena sayang jika sampai aki mobil tersebut rusak karena tidak dipakai.

Menelisik sosok mewah dari Land Cruiser dan tahun produksinya, 
ini merupakan generasi pertama yang menanamkan dapur pacu V8 
sebagai penopang performanya. Dari pantauan bursa otomotif 
Otosia.com, harga bekas-nya masih mencapai kisaran Rp 1.5 miliaran.

 

2 dari 13 Halaman

Lexus LX-570

Lexus LX-570

Lain hal dengan Jokowi, Prabowo yang menjadi rivalnya juga memiliki selera otomotif yang lumayan bagus. Prabowo justru lebih sering tertangkap media mengendarai Lexus LX-570. Tak hanya istimewa yang terhenti sampai disitu, rupanya plat nomor yang dipasangkan memiliki maksud tersendiri.

Tak hanya satu, Prabowo punya dua mobil Lexus yang keduanya memiliki nopol yang mirip, yakni B 17 PSD dan B 17 GRD. Kode PSD tersebut merupakan kepanjangan dari Prabowo Subianto Djojohadikusumo, dan GRD sendiri adalah nama partai pengusungnya, Gerindra.

Model Lexus LX-570 kesayangan Prabowo merupakan SUV dengan tenaga yang ditopang oleh mesin 5.7 liter dengan 8 silinder. Komponen dapur pacu tersebut lantas dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan yang menghasilkan semburan power sebesar 383 hp.

Prabowo memang kerap menaiki mobil tersebut ke berbagai acara. 
Salah satu mobil Lexus-nya bahkan pernah dipakai untuk kampanye bersama Abu Rizal Bakrie dan calon wakil presidennya, Hatta Rajasa.

 

 

3 dari 13 Halaman

Mobil Esemka

Mobil Esemka

Mobil Esemka ini adalah potret produksi otomotif dari anak-anak SMK Indonesia yang menjadi kenyataan. Pemanfaatan komponen terbesarnya dari pabrikan dalam negeri, sedangkan sekitar 20 persennya merupakan produk import.

Mobil ini membuat nama Jokowi semakin di atas angin karena ia 
sempat menggunakannya sebagai mobil dinas ketika ia menjabat 
Walikota Solo kala itu. Namun ujung-ujungnya mobil karya anak 
bangsa tersebut harus dikandangkan lagi karena dituntut oleh 
regulasi.

 

 

4 dari 13 Halaman

Grand New Toyota Kijang Innova

Grand New Toyota Kijang Innova

Para simpatisan dan pendukung kemenangan Jokowi saat ia lolos 
putaran kedua pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Bahkan plat nomor yang dipasangkan padanya juga mengandung inisial Jokowi, B 1 JKW.

 

Mobil MPV yang tentu saja memiliki perawakan bongsor yang dipadukan dengan karakternya yang lux, merupakan cita rasa istimewa yang dimiliki Grand New Toyota Kijang Luxury 2012 tersebut.

Generasi ini menjadi seri lawas sebelum akhirnya lahir New Toyota Kijang Innova Facelift pada tahun selanjutnya.Saat akan diberikan sebagai sebuah hadiah, diketahui bahwa harga pasaran mobil tersebut pada saat itu mencapai Rp 300 jutaan.

5 dari 13 Halaman

Toyota Innova B 1124 BH

Toyota Innova B 1124 BH

Toyota Kijang Innova berwarna hitam ini adalah kendaraan favorit Jokowi sebagai pengantarnya selama melakukan aksi 'blusukan'. Tak urung berbagai kejadian sempat membuat mobil tersebut lecet-lecet.

Sekitar bulan Maret lalu, mobil dengan spesifikasi sama dengan  Innova putih pemberian pendukungnya tersebut, bahkan pernah 
terjebak lumpur ketika mengunjungi Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

6 dari 13 Halaman

Suzuki APV

Suzuki APV

Suzuki APV juga menjadi salah satu dari 20 mobil yang dikirimkan Prabowo sebagai mobil kesehatan keliling. Mobil seperti ini juga memiliki kapasitas kabin yang lumayan luas sehingga sangat cocok untuk dipergunakan sebagai dengan cukup banyak perlengkapan.

 

7 dari 13 Halaman

Toyota Camry

Toyota Camry

Sempat berpindah hati ke mobil Kiat Esemka, Jokowi akhirnya 
kembali memilih Toyota Camry sebagai tunggangannya. Karena pada 
saat itu, rupanya mobil Esemka masih tersandung masalah 
regulasi dan masih belum layak jalan.

Mobil tersebut merupakan keluaran 2010 yang dikatakan cukup 
mumpuni dalam jajaran sedan Tanah Air. Terdapat dua versi mesin 
yang disediakan padanya, yakni 2.4 liter VVT-i dengan tenaga 
165 hp dan 3.5 liter V6 Dual VVT-i dengan gelontoran tenaga 
lebih impresif sebesar 273 hp.

 

8 dari 13 Halaman

New Toyota Innova Facelift

New Toyota Innova Facelift

Tak mau menggunakan mobil dinas untuk acara di luar kedinasan, Jokowi memilih untuk mengandalkan mobil sewaan. Salah satunya adalah New Toyota Kijang Innova Facelift ini.

Mobil dengan plat nomor B 1567 PRA itu merupakan seri terbaru dari keluarga Kijang. Tak banyak berubah dari sektor performa, ia lebih mengukuhkan sosoknya yang luxury dengan merombak sudut perwajahan dan buritan.

Jokowi pernah mengendarai mobil tersebut ketika tengah menghadiri pernikahan puteri Sys NS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada bulan April lalu.

9 dari 13 Halaman

Porsche Boxster

Porsche Boxster

Porsche Boxster dengan nopol B 51 LLO diberitakan merupakan pemberian dari seorang pengusaha restoran, Budi Susilo, untuk melancarkan aksi kampanyenya. Mobil bercorak putih dengan foto 'Prabowo Yess' di kap mesin dan beberapa laburan senada pada sisi fisiknya ini, menjadi pemandu keberangkatan 20 unit mobil kesehatan keliling.

Padahal sportcar ini tentu saja varian mewah yang tentu saja memuaskan ketika digeber di jalanan.

Ia memiliki tiga varian, Boxster, Boxster S dan Boxster GTS. Ditilik dari sudut fisiknya memang sangat mirip, tapi soal performa masing-masing punya kehebatan tersendiri. Hal tersebut bisa dilihat dari mufler yang dipakai tiap tipe.

10 dari 13 Halaman

Kijang Innova B 1123 BFR

Kijang Innova B 1123 BFR

Lagi-lagi Kijang Innova menjadi favorit sang capres nomor urut dua tersebut. Jokowi kepada antara pernah menyampaikan bahwa ia menyewa tiga mobil sampai ia mendapatkan Toyota Land Cruiser dari Pemprov DKI.

Mobil dengan nopol B 1123 RFR tersebut termasuk dari generasi 
ke-5 keluarga Toyota Kijang yang mulai dirilis pada tahun 2004.Dapur pacu yang dipergunakan adalah 1TR-FE berkapasitas 1988 cc dengan gelontoran tenaga mencapai 134 hp.

11 dari 13 Halaman

Kia Carnival/Sedona

Kia Carnival/Sedona

Pada Januari 2013 lalu, pemerintah Kota Surakarta melelang ratusan kendaran bermotor yang sudah jarang terpakai dan dianggap uzur. Salah satu yang menjadi primadona saat itu adalah mobil Kia Sedona atau nama lainnya Kia Carnival.

Rupanya mobil dengan angka tahun produksi 2004 tersebut adalah kendaraan dinas Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Mobil tersebut mendapatkan penawaran tertinggi dalam lelang tersebut. Lelang akhirnya dimenangkan oleh peserta 
bernama Suyatno dengan penawaran Rp 85,9 juta.


 

12 dari 13 Halaman

Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio

Baru-baru ini, Prabowo meluncurkan 20 mobil relawan kesehatan keliling untuk wilayah Pulau Jawa. Deretan mobil berwarna putih dengan stiker wajah Prabowo tersebut beberapa diantaranya adalah varian Daihatsu Luxio yang memang terkenal longgar soal kapasitas kabin.

Tidak diketahui pasti versi Luxio manakah yang menjadi salah satu kendaraan kampanye Prabowo tersebut. Akan tetapi, ditelaah dari kemampuannya, Luxio memiliki dapur pacu 3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air dengan silinder 1459 cc.

Dari segi fitur, mobil ini punya kemampuan EFI (Electronic Fuel Injection untuk memaksimalkan konsumsi bahan bakar. Kini sudah keluar versi New Daihatsu Luxio yang dikenal lebih mewah dengan tambahan beberapa properti yang sudah diperbaharui.

 

13 dari 13 Halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Joko Widodo lebih suka mengendarai mobil-mobil sekelas Toyota Kijang Innova. Sekalipun menyewa mobil, ia juga memilih Innova untuk menemaninya dalam tiap tugasnya.

Namun, hal tersebut bukan berarti ia tidak suka dengan mobil mewah. Dari catatan merdeka beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta itu melaporkan memiliki 11 mobil dan 1 motor yang bernilai Rp 893 juta yaitu mobil Isuzu Panther (2), Honda City, Mercedes-Benz, Nissan Terrano, Daihatsu Espass, Suzuki dan motor Yamaha Vino E.

Prabowo juga memiliki selera yang lumayan bagus dalam memilih mobil. Ia punya Lexus LX-570 yang kerap menemaninya dalam berbagai acara.

Karena Prabowo belum masuk ranah instansi, tentu saja ia tidak mendapatkan mobil dinas seperti halnya Jokowi. Hanya saja seperti halnya Jokowi, Prabowo pun tentunya memiliki kendaraan lain.

Lalu siapa yang paling cocok menduduki RI-1 nantinya? Otosia.com hanya menyajikan fakta tanpa berusaha berpihak pada salah satu calon. Selanjutnya giliran Anda yang menentukan Presiden terpilih.

 

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami