Komparasi Rival Sejati: Nissan X-Trail vs Honda CR-V

Sama-sama memberikan improvisasi pada bagian tubuh dari masing-masing, Nissan dan Honda seakan tidak ingin kecolongan satu sama lain pada pasar konsumen mobil medium SUV di Indonesia.

Jum'at, 10 Oktober 2014 09:15
Komparasi Rival Sejati: Nissan X-Trail vs Honda CR-V CRV vs XTrail (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sama-sama memberikan improvisasi pada bagian tubuh dari masing-masing, Nissan dan Honda seakan tidak ingin kecolongan satu sama lain pada pasar konsumen mobil medium SUV di Indonesia.

Satu sama lain saling bersolek demi mendapatkan perhatian dan sorotan mata para penggemar SUV. Improvisasi pada grill membuat di satu sisi Honda CR-V terlihat lebih elegan dan segar, sementara Nissan X-Trail sendiri terlihat lebih atletis.

Di dalam diri Nissan X-Trail ini sendiri kemudian juga bersemayam penggunaan mesin CVT. Memang merupakan mesin lama, tapi masih bisa sangat diandalkan. Berbeda lagi dengan Honda CR-V yang menggunakan i-VTEC yang juga memberikan opsi mesin yang andal.

Di bawah ini akan dihadirkan komparasi beberapa sudut krusial dari Honda CR-V dengan Nissan X-Trail yang sudah akan memberikan kompetisi yang sengit satu sama lain. Mari disimak analisanya.

1 dari 6 Halaman

Interior

Interior

Keduanya sama-sama menawarkan kemewahan sebagai mobil SUV yang nyaman dan berkelas bagi keluarga. Adanya kursi yang bisa diputar pada Honda CR-V sesuai keinginan membuat penumpang jadi lebih fleksibel, eksistensi Bluetooth, Pandora Internet dan beberapa fitur lainnya semakin membuat mobil ini terasa canggih.

Sementara Nissan mempersenjatai X-Trail terbarunya dengan kemewahan baru pada dashboard, jok mobil, sisi-sisi kabin, dan panel pintu yang terlihat jauh lebih baru dan segar daripada Nissan X-Trail yang lama.

2 dari 6 Halaman

Eksterior

Eksterior

Nyaris tidak ada jejak-jejak Nissan X-trail lama pada X-Trail yang baru ini, karena semuanya sudah dirombak habis. Jelas saja, penampilan lebih tegas, termasuk yang paling menonjol LED yang ada pada headlamp. Disamping itu perubahan pada lampu belakang juga jadi lebih kesamping, sehingga pengemudi di belakang mobil ini bisa mengenali indikator lebih jelas.

Honda CR-V sendiri juga tidak luput dari rombakan besar-besaran. Semua pecinta SUV tidak akan susah mengenali bahwa grill Honda CR-V lawas sudah bertransformasi menjadi grill elegan berstrip tiga ini.

 

 

3 dari 6 Halaman

Mesin

Mesin

Nissan X-trail ikut menyematkan mesin milik Serena pada dirinya, dengan volume sampai dengan 1.997cc, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sampai dengan 144hp. Serta mesin dengan ukuran sampai dengan 2.488cc yang mampu memberikan tenaga sampai dengan 171hp. Nissan X-Trail menjanjikan tenaga yang melimpah bagi pengemudinya.

Di sisi lain, Honda CR-V yang dipersenjatai i-VTEC memiliki opsi mesin berukuran 1.997cc dan 2.354cc masing-masing mampu menggelontorkan tenaga sampai dengan 155hp dan 190hp, sedikit saja di atas Nissan X-Trail.

4 dari 6 Halaman

Fitur

Fitur

Di bagian fitur, rasanya sudut ini merupakan yang paling terasa rivalitas keduanya, karena masing-masing memiliki fasilitas yang mewah dan sangat menjanjikan. Nissan X-Trail dilengkapi dengan Active Trace Control yang juga memiliki performa serupa dengan traction control.

Di sisi lain, eksistensi bird view 360 derajat pada parking camera sebenarnya cukup mengejutkan dan membuat Nissan X-Trail mendapat nilai plus. Selain itu adanya pembuka bagasi eletrik membuat mobil ini semakin terasa futuristik.

Di sisi rival, Honda CR-V mencoba menggunakan Hill Start Assist sebagai pemewah mobil ini, karena dengan fasilitas ini, CR-V tidak perlu direm saat mendaki media yang cukup terjal. Di samping itu, ada fitur ECO Mode yang membuat konsumsi BBM jadi jauh lebih efisien.

5 dari 6 Halaman

Kenyamanan

Kenyamanan

Kenyamanan dibagi menjadi dua, kenyamanan penumpang, dan kenyamanan pengemudi saat berkendara. Bisa dikatakan, Nissan X-Trail menang telak di sini, karena kenyamanan yang diusung Nissan X-Trail, baik untuk pengendalian, jok mobil, serta penggunaan jarak jauh, hampir semuanya lebih unggul daripada Honda CR-V.

Honda CR-V memang menyematkan adanya Neck Shock Mitigation, dan Load Limiter Seat Belt, hanya saja, fitur-fitur seperti itu nyatanya kurang bisa mengimbangi kelebihan Nissan X-Trail. Wrap it! Nissan X-Trail unggul dalam poin kenyamanan.

6 dari 6 Halaman

Harga

Harga

Secara perbandingan, tidak terlalu ada gap yang jauh antara Nissan X-Trail dan Honda CR-V. Karena kelengkapan fitur, desain, performa dan faktor pendukung lainya membuat keduanya juga nyaris seimbang. Honda CR-V dihargai paling mahal sampai dengan Rp 450 juta on the road Jakarta, dan Nissan X-Trail termahalnya 'hanya' Rp 403 juta on the road Jakarta.

Melirik sedikit kembali ke detail antara Honda CR-V dan Nissan X-Trail ini, rasanya Nissan X-Trail dengan harga yang lebih murah, nyatanya lebih memiliki value untuk dibeli daripada Honda CR-V ini.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami