Membandingkan Data Teknis Yamaha FZ25 vs Bajaj Pulsar 200NS

Hadirnya FZ250 merupakan sebuah ancaman bagi NS200 sebagai penguasa segmen naked 200cc. Bagaimana hasilnya jika keduanya dibandingkan?

Rabu, 25 Januari 2017 16:00
Yamaha FZ25 vs Bajaj Pulsar 200NS by Istimewa
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Yamaha India membuat kejutan yang tidak disangka-sangka dengan melahirkan FZ25 sebagai naked bermesin 'tanggung' 250cc. Pasalnya, di negara Bollywood tersebut lebih banyak didominasi oleh kubikasi mesin 200cc dan 300cc seperti TVS RTR 200 atau pun MT-03.

Dengan demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya FZ250 merupakan sebuah ancaman bagi NS200 sebagai penguasa segmen naked 200cc di India. Terlebih lagi, berdasarkan perbandingan data teknis, nyatanya kedua motor tersebut saling "menyalip" meskipun  kubikasi NS200 lebih kecil.

Mari kita mulai mengintip perbedaan keduanya dari sisi power. Meski memakai silinder yang lebih kecil, NS200 di atas kertas lebih unggul dengan 23,5 PS dibandingkan FZ25 yang hanya memiliki 20,9 PS. Yes, satu poin untuk 200NS!

Dalam hal permainan katup pun, mesin Pulsar 200NS memang menggunakan 4-katup dan FZ25 masih memakai 2-katup. Berlanjut dengan perkara transmisi, Produsen lokal India tersebut punya 6-percepatan dan FZ25 5-tingkat percepatan.

But wait, jangan terlalu dini menyimpulkan bahwa Pulsar jelas lebih unggul. Kita ungkap lagi sisi lain FZ25 yang bisa dikilik.

Senjata andalan Yamaha FZ25 rupanya terletak pada torsi puncaknya yang menembus angka 20Nm dan bisa diraih pada putaran mesin 6.000 RPM. Mantap bukan? Ditilik dari data tersebut, jelas FZ25 unggul cukup banyak, bahkan paling sulit dikalahkan oleh para rival saat bermain speed di putaran bawah. Kemampuan tersebut persis seperti ciri khas MT-Series yang populer dengan istilah "Masters of Torque".  

Hal lain yang paling menonjol dan pembeda keduanya pastinya ada pada sistem pengelolaan bahan bakar injeksi yang belum ada untuk Pulsar. Desas-desusnya, Pulsar 200NS FI baru akan meluncur tahun ini dan kemungkinan masih digelontorkan untuk wilayah Turki saja.

Well, bicara soal handling dengan konsentrasi harga FZ25 yang lebih tinggi, tentunya diharapkan motor tersebut bakal jauh lebih enak dan nyaman demi meningkatkan daya jelajahnya sebagai motor naked.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami