Komparasi 3 'Spesies' Honda HR-V!

SUV terbaru asal Jepang, Honda HR-V, rupanya punya 3 nama lain di dunia bro! Tak hanya nama, mereka ternyata punya kehebatan masing-masing!

Sabtu, 18 Oktober 2014 17:15
Komparasi 3 'Spesies' Honda HR-V! Ilustrasi: 3 Varian Honda HR-V di dunia

Editor : Sony

Otosia.com - Belakangan ini jagat otomotif sedunia diberondong masuknya belasan mobil-mobil baru yang saling salip mendulang popularitas, tak terkecuali di Indonesia.

Bicara soal mobil baru, apalagi membahas segmen SUV yang saat ini tengah digandrungi masyarakat dunia, sosok Honda HR-V seakan selalu menjadi topik terpanas. Wajar saja, mengingat ia mengusung nama besar Honda yang terkenal dengan superioritas mereka baik di segi desain maupun teknologi.

Tampil mengusung perawakan gagah nan mewah yang 'menyihir' para penggila SUV, punggawa asal Jepang tersebut hadir dengan 3 nama yang berbeda untuk beberapa negara, yaitu Honda HR-V, Vezel dan XR-V.

Ternyata tak sekadar nama yang menjadi pembeda ketiga 'spesies' satu darah tersebut. Entah di segi penampilan, performa, fitur dan teknologi atau bahkan segi sistem hiburannya ketiganya memiliki sejumlah titik yang tak sama.

Simak komparasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 6 Halaman

Desain Eksterior

Desain Eksterior

Dari segi penampakan luar, Honda HR-V atau Vezel yang merupakan global model berbagi desain eksterior serupa yang sporty, ekspresif dan emosional. Sang produsen menerapkan konsep Dynamic Cross Solidyang menggabungkan stabilitas mobil SUV dan aura elegan ala coupe.

Makin terkesan glamor dengan pengadopsian Solid Wing Face dan headlights baru yang disandingkan dengan dua LED di tiap sisi menjadi bumbu yang membuat sektor fascia HR-V dan Vezel kian 'ganteng'.

Sedikit berbeda tapi tak kalah agresif, varian Honda XR-V yang bakal dihadirkan untuk konsumen di negeri Tirai Bambu, China, lebih tegas dan kaku dengan menyuguhkan desain bumper dan taillight baru.

Sedangkan di sektor fascia, imbuhan elemen baru seperti grille dengan lining chrome yang lebih tajam dan new detailed headlamps memberikan karakter dan cita rasa XR-V yang khas.

2 dari 6 Halaman

Dimensi

Dimensi

Masalah dimensi baik HR-V, Vezel maupun XR-V terbilang cukup bongsor untuk ukuran sebuah kendaraan berjenis SUV. Ketiganya pun kurang lebih terlahir dimensi yang kurang lebih sama besar, hanya satu model yang sedikit lebih mungil dibandingkan lainnya.

Baik HR-V maupun Vezel memiliki ukuran panjang 4.295mm, tinggi 1.770mm, lebar 1.605mm dan wheelbase 2.610mm. Sedangkan Honda XR-V hanya sedikit lebih pendek, yakni dengan dimensi panjang 4.295mm.

3 dari 6 Halaman

Performa

Performa

Selain di segi fisik, sektor pemacu performa ketiga model sang Crossover terbaru Honda yang menjadi pembeda di antara ketiganya.

Honda HR-V untuk Indonesia disajikan dalam dua varian mesin bensin, yakni i-VTEC berkapasitas 1.5 liter 120 hp untuk tiga tipe dasar dan 1.8 liter 139 hp yang dikhususkan untuk varian HR-V Prestige.

Tak jauh beda dengan HR-V, varian khusus China Honda XR-V dikabarkan turut mengusung dua varian dapur pacu 1.5 liter dan 1.8 liter. Sayangnya, output kedua sumber energi SUV tersebut masih belum dipublikasikan oleh Honda.

Sementara eksistensi Honda Vezel di Jepang lebih tenar sebagai tunggangan bertenaga hybrid yang irit dan ramah lingkungan. Teknologi direct injection Honda membekali dapur pacu SPORT HYBRID i-DCD bertenaga 152 hp siap membawanya menjelajahi dataran Jepang.

Efisiensi bahan bakar yang luar biasa, yakni 27.0 km/liter, menjadi salah satu nilai jual Honda Vezel yang paling menggoda.

4 dari 6 Halaman

Rupa Interior

Rupa Interior

Tak banyak perbedaan yang diperlihatkan dalam kabin ketiga model SUV tampan ini. Sisi interior baik HR-V, Vezel maupun XR-V menampilkan tema futuristik dengan balutan material berkualitas tinggi serta tata ruang yang apik.

Hanya saja, dalam kokpit Honda XR-V lubang ventilasi AC dibuat dengan desain membulat, tak memanjang seperti dua model lainnya.

5 dari 6 Halaman

Fitur dan Teknologi

Fitur dan Teknologi

Untuk automaker sekelas Honda kata setengah-setengah dalam menciptakan mobil tak pernah ada dalam kamusnya. Jadi tak heran kalau produk terbaru mereka selalu diimbuhi pesona kecanggihan fitur dan terknologi terbaik.

Fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Dual SRS Airbags menjadi bagian penjaga keselamatan dalam raga HR-V dan Vezel.

Sayangnya untuk fitur yang disematkan dalam varian khusus China hingga detik ini masih disembunyikan oleh pihak Dongfeng Motor Group Company, pihak distributor Honda di China. Jadi asumsi sementara fitur yang kelak diadaptasikan bakal tidak jauh dari dua versi lainnya.

6 dari 6 Halaman

Harga

Harga

Di IIMS 2014 lalu PT Honda Prospect Motor Indonesia telah resmi membuka harga HR-V dengan janji SUV tersebut akan berada di garasi konsumen mereka mulai tahun 2015 mendatang. Kisaran harga yang ditawarkan untuk pemesanan Honda HR-V adalah Rp 240 – 280 juta untuk varian 1.5 liter dan Rp 350 juta untuk varian mesin 1.8 liter.

Sementara di Jepang, Vezel yang bersistem penggerak dua roda (2WD) dijual dengan harga 1.87 juta Yen atau sekitar Rp 218 jutaan. Sedangkan varian lainnya adalah Vezel hybrid 4WD dengan Dual Clutch Transmission 7-percepatan yang dijual seharga 2.68 juta Yen atau setara dengan Rp 313 jutaan.

Di lain sisi, antusiasme konsumen di negara Panda yang terlanjur terpikat oleh pesona Honda XR-V lagi-lagi harus tertahan. Pasalnya, tak ada satu pun petunjuk yang diberikan oleh Dongfeng maupun Honda akan berapa banderol yang dikenakan untuk meminang SUV rupawan tersebut.

Namun jika melihat harga yang dipatok untuk HR-V dan Vezel yang telah beredar, bukan tidak mungkin kalau nanti Honda XR-V akan berada di kisaran harga yang sama, yakni sekitar Rp 250-350 jutaan.

 

(kpl/sno)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami