Kolaborasi Robot dan Manusia Produksi Xpander

Pabrik baru Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industri GIIC Deltamas, Jawa Barat merupakan tempat produksi dua model teranyar Mitsubishi.

Rabu, 07 Februari 2018 20:00
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Pabrik baru Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industri GIIC Deltamas, Jawa Barat merupakan tempat produksi dua model teranyar Mitsubishi, yaitu Pajero Sport dan Xpander. Otosia pun berkesempatan untuk mengunjungi pabrik dengan kapasitas produksi 160 ribu unit per tahun itu.

Di dalamnya, pabrik yang mengusung New Plant Concept ini telah menerapkan teknologi robot untuk produksi dengan rasio 40 persen berbanding tenaga kerja manusia. Hal ini memungkinkan pengerjaan menjadi lebih cepat dan presisi, sehingga produk yang dihasilkan terjaga kualitasnya. Adapun penggunaannya berada di area stamping (pencetakan), welding (pengelasan) dan painting (pengecatan).

"Seluruh fasilitas pabrik Mitsubishi Motors secara ketat mengikuti standar kualitas keselamatan dan produksi global," jelas Presiden Direktur PT MMKI Takao Kato di Jawa Barat, Rabu (07/02).

Pada area assembling (perakitan) sendiri berbagai teknologi juga disematkan seperti traceability berupa barcode pada setiap suku cadang, kit supply sistem untuk menghindari kesalahan pemasangan part dan tatami conveyor yang fleksibel untuk dirubah layoutnya.

Tak hanya mengejar waktu produksi dan presisi, penyematan teknologi dan inovasi tersebut membuat pabrik MMKI lebih ramah lingkungan. Sebagai contoh air yang digunakan untuk proses produksi diambil dari proses daur ulang dan pemanfaatan air hujan.

Di samping itu, guna mereduksi emisi karbon dioksida MMKI melakukan penghematan proses pengecatan dengan mengurangi proses oven dan Innovate Heat Pun Hot Water System. Ditambah lagi penggunaan seluruh lampu LED dan pemanfaatan cahaya matahari yang maksimal, pabrik MMKI mampu mengurangi emisinya hingga angka 11 persen.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami