Knalpot Tak Sesuai Spektek, Motor Tak Laik Jalan

Pemakaian knalpot racing tidak dilarang, hanya saja modifikasi pada knalpot memiliki batasan. Jika tak sesuai, maka motor bisa dinyatakan tak laik jalan.

Jum'at, 20 September 2019 13:15
Knalpot Tak Sesuai Spektek, Motor Tak Laik Jalan Razia knalpot racing (NTMC Polri)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Membeli knalpot racing masih sangat mudah. Orang-orang yang ingin memakainya bisa mendatangi toko-toko aftermarket atau perlengkapan sepeda motor.

Padahal, jika nekat mengganti knalpot standar dengan racing untuk harian, bisa ditilang polisi. Sebab, selain memekakkan telinga, knalpot racing dianggap tidak standar.

Meski tidak dilarang, menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, modifikasi pada knalpot memiliki batas tertentu yang harus diikuti.

"Bahwa kelaikan kendaraa bermotor di jalan umum diatur oleh Undang-Undang. Maka itu, pengguna jalan bila melakukan modifikasi agar selalu memperhatikan kelaikan jalan yang diatur oleh UU agar tidak melanggar peraturan lalu lintas," jelas Nasir, seperti disitat dari laman NTMC Polri.

Nasir menegaskan, jika knalpot tak sesuai standar, maka motor tidak boleh beroperasi. Standar tersebut termasuk pada uji kelaikan jalan yang berlaku di Indonesia.

"Knalpot harus sesuai spektek yang ada dalam uji kelaikan jalan oleh lembaga. Kalau tidak standar maka tidak boleh operasi," tegasnya.

 

 

 

1 dari 1 Halaman

Tindakan dan Sanksi

Soal penjualan knalpot racing pun, diakuinya bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya tak memiliki wewenang. Sehingga, penggunaan knalpot racing tak bisa dibatasi dari hulu.

"Itu wewenang istansi lain kalau tentang perdagangan," katanya.

Aturan tentang knalpot tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 07 Tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Penindakan dan sanksinya ada pada Undang-Undang No 22 Tahun 2002 tentang Lalu Lntas dan Angkutan Jalan. Sanksinya yakni pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami