Knalpot Motor Injeksi Berasap, Ini Solusinya

Tak jarang muncul kasus kalpot sepeda motor injeksi mengeluarkan asap. Padahal motor itu terbilang masih baru.

Jum'at, 20 April 2018 15:15
Ilustrasi : Andres Onu
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Tak jarang muncul kasus kalpot sepeda motor injeksi mengeluarkan asap. Padahal motor itu terbilang masih baru.

Biasanya, hal ini terjadi karena mesin jarang mendapatkan perawatan atau bahkan tak diperhatikan sama sekali. Akibatnya, proses pembakaran tidak sempurna dan menimbulkan asap berwarna hitam.

Jika masalah itu terjadi , tidak perlu khawatir. Pasalnya, solusinya hanya cukup melakukan penyetelan ulang pada ECU (Electronic Control Unit).

Terkadang juga disebabkan oleh ring piston kering, sil klep sudah aus, piston sudah baret, atau celah klep bocor. Untuk menentukan penanganan masalah itu, harus diketahui dulu penyebabnya.

Jika asap keluar karena ring piston aus, satu-satunya cara adalah mengganti komponen tersebut. Keausan piston biasanya terjadi setelah penggunaan selama kurang lebih satu tahun.

Begitu juga bila penyebabnya adalah piston yang baret. Mau tidak mau, harus dilakukan pemasangan piston baru. Biasanya, piston baret karena sering terlambat ganti oli mesin. Namun, jika dindingnya ikut baret atau terluka, harus dilakukan oversize sebelum piston diganti.

Penggantian juga harus dilakukan jika munculnya asap disebaban oleh seal klep yang mengeras. Hal ini disebabkan karena sudah lewat masa pemakaian atau suhu mesin yang tinggi.

Namun, jika klep bocor karena terdapat kotoran atau kerak sisa pembakaran, cukup dilakukan skur ulang klep atau pembersihan. Supaya hasilnya awet, sebaiknya pilih komponen yang tidak mengikis.

Perlu diingat, masalah knalpot ngebul tidak akan muncul apabila sepeda motor diservis secara rutin. Selain itu, dengan melakukan servis rutin, kondisi kendaraan akan terus prima dan tidak akan merugikan pengendaranya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami