Kilas Balik Devel Sixteen, Hypercar Pertama 'Penumbang' Veyron

Supercar pertama Abu Dhabi dengan tenaga yang benar-benar membuat merinding, yakni 5000 hp.

Selasa, 28 Juli 2015 20:45
Devel Sixteen by Youtube
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Bagi Anda yang sangat gemar mengikuti perkembangan supercar hebat mancanegara, mungkin pernah mendengar nama Devel Sixteen. Supercar pertama Abu Dhabi dengan tenaga yang benar-benar membuat merinding, yakni 5000 hp.

Devel Sixteen diperkenalkan pada tahun 2013 lalu di negara asalnya Abu Dhabi. Sejak pertama perancangannya, Rashid al-Attar selaku wakil presiden Defining Extreme Vehicles Car Industry saat itu, mengaku kepada The National bahwa sebelumnya hanya ingin menciptakan supercar bertenaga 1.000 hp saja.

Namun, ambisi besar dengan dua saudaranya itu dalam menciptakan mobil ekstreme justru memuncak setelah lahirnya Bugatti Veyron.

Veyron telah terlebih dahulu menunjukkan tajinya saat itu menunjukkan jika rancangan awal Devel masih kalah saing. Tidak mau patah arang, Attar bersaudara menyimpulkan harus menerbitkan mesin yang lebih perkasa dengan menancapkan V16 berkubikasi 7.2 liter sebagai poros kekuatan Devel. Tujuannya tentu menumbangkan Veyron.

Dapur pacu tersebut tidak dikerjakan langsug di Dubai, namun terlebih dahulu dikembangkan di Negeri Paman Sam . Detail penyempurnaannya tidak diketahui persis dan anehnya, menurut hybridtechcar.com website perusahaan yang kerap menjadi sumber informasi media justru tidak bisa diakses.

Setelah sekian waktu berselang dan nama perusahaan tersebut terus diombang-ambing pertanyaan, kabar kembali mencuat dan ternyata Devel Sixteen telah resmi terlahir ke dunia. Tapi, ia adalah bayi hypercar prematur.

Ada beberapa kesalahan teknis yang masih sangat perlu dikembangkan untuk membuat mobil buas ini tampil sempurna dengan performa hebat sesuai janji perusahaan, salah satunya soal seatbelt pada interior.

Bicara soal spesifikasi, klaim perusahaan jelas-jelas membuat ngeri setiap orang yang mencintai kecepatan hebat. Devel Sixteen rupanya telah diracik untuk melesat hebat hingga 560 km/h dengan top acceleration dari 0-100 Km/h hanya dalam waktu 1.8 detik. Itu pun masih dipadu dengan kekuatan mengerikan sebesar 5.000 hp di masanya.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami