Kijang Terbaru Didesain oleh Orang Indonesia

Mungkin sedikit yang menyadari bahwa perubahan wajah pada New Toyota Kijang Innova 2013 merupakan buah tangan desainer-desainer Indonesia di Toyota.

Selasa, 20 Agustus 2013 14:15
New Toyota Kijang Innova
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Mungkin sedikit yang menyadari bahwa perubahan wajah pada New Toyota Kijang Innova 2013 merupakan buah tangan para desainer Indonesia di Toyota. Hal ini patut membanggakan mengingat Toyota merupakan produk Jepang kebanggaannya tersendiri dan sudah melegenda di Tanah Air.

Secara total sendiri terdapat 12 orang yang terlibat sebagai pendesain dari New Toyota Kijang Innova. Sebanyak 8 orang di antaranya adalah desainer Indonesia dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Mereka adalah Rudi Budiman, Abi Yunus Angkasa, Edi Budi Setiawan, Restu Wintayo, Wahyu Dani, Donny Akbar Prima, Prana Jiwandara, dan Rahmad Riza.

"Desain dalam bentuk konsepnya mewujudkan apa yang kira-kira disukai oleh konsumen dan menerjemahkannya ke dalam bentuk sketsa. Selanjutnya, proses penggambaran menerjemahkan gambar sketsa tersebut yang lantas bekerja sama dengan bagian produksi. Lalu ditambah juga dengan memilih salah satu desain yang nantinya akan diproduksi secara massal," ujar Direktur Utama PT TMMIN Masahiro Nonami.

Ia sendiri mengaku sudah merasa nyaman dan percaya diri bisa bekerja sama dengan para desainer Indonesia ini. Masahiro Nonami juga berharap bahwa para desainer Indonesia tersebut setelahnya akan naik tingkat dalam tahap proses desain ini.

Seperti diberitakan, perubahan utama pada Innova tersebut ada pada grille yang lebih besar. Lalu perubahan juga dilakukan terhadap fitur keselamatan antara lain airbag ganda.

Di bagian eksterior, perubahan mencakup new foglamp ornament, back door with reflector, dan new aerokit. Sementara itu, di kabin, terdapat head unit front face.

Tersedia 16 varian pada model ini mulai dari mesin 2.0 manual (Rp 203.750.000) dan otomatis dengan tipe J, E, G, dan V. Disediakan juga mesin 2.5 manual dan otomatis dengan tipe E, G, V dengan harga mulai dari termahal Rp 316.550.000. Itu pun untuk harga tipe V dengan mesin diesel transmisi otomatis.

(kpl/tr/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami