Kijang Innova Pernah Dianggap sebagai MPV yang Membingungkan

Kijang Innova sempat dianggap MPV yang membingungkan bagi orang-orang Toyota di Jepang.

Rabu, 20 Mei 2020 17:45
Kijang Innova Pernah Dianggap sebagai MPV yang Membingungkan Innova dianggap sebagai MPV yang membingungkan (Toyota)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kijang dianggap sebagai salah satu jenis mobil keluarga andalan di Indonesia. Namanya sudah melekat secara kultur di masyarakat, antara lain berkat eksistensinya dari generasi ke generasi.

Di generasi terakhir, Kijang berembelkan nama Innova. Masih dengan daya tampung mumpuni, MPV ini kerap masuk daftar mobil terlaris. Namun siapa sangka, Jepang sebagai induk Toyota justru bingung dengan mobil satu ini.

"Saya pernah ingat diskusi dengan teman-teman (orang Jepang) di Jepang, mereka kalau lihat desain Kijang Innova itu pada bingung sebenarnya ini mobil apa," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam digital press conference belum lama berselang.

1 dari 2 Halaman

Toyota Jepang bingung lantaran definisi MPV ada di Innova seperti kontradiktif dengan pengetahuan yang selama ini mereka miliki.

"Saya pernah ngobrol dengan chief enginner MPV Toyota, Toyota di seluruh dunia itu yang namanya MPV itu modelnya biasanya Alphard, Voxy, bentuknya gede-gede dan sliding door dan mengotak, tapi Innova ini sebenarnya MPV atau crossover atau apa gitu ya," ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Jadi sebenarnya, kata dia, apa yang disebut dengan MPV di Indonesia tidaklah murni MPV. Yang di Indonesia merupakan MPV yang disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.

"Maunya MPV, tapi modelnya juga jangan terlalu kotak. Kecuali di segmen medium high dan luxury, yang kotak ini yang diterima oleh pasar jadi memang agak berbeda," ujarnya.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami