Kijang Innova Dipasangi Turbo Bersayap Luwes

urbo pada dasarnya memaksakan udara masuk ke mesin lewat sedotan dari kompresor dari gas buang yang menyembur ke baling-baling turbin.

Senin, 16 November 2015 20:30
Foto: Toyota
Editor : Sony

Otosia.com - Terbukanya informasi mengenai Kijang Innova turut menunjukkan sejumlah fitur yang dimiliki MPV tersebut. Salah satunya adalah mesin Super GD VNT yang disebut benar-benar baru.

Bagaimana kerja Super GD tersebut, belum ada cerita yang bisa disampaikan karena Innova baru akan mengaspal di Indonesia minggu depan. Namun, kode VNT mengacu pada istilah yang mulai lazim selepas Toyota menyematkannya pada Fortuner.

image

VNT sendiri merupakan kependekan dari variable nozzle turbo. Sebagai gambaran, turbo pada dasarnya memaksakan udara masuk ke mesin lewat sedotan dari kompresor dari gas buang yang menyembur ke baling-baling turbin.

Pada VNT, baling-baling turbin atau sayap-sayap yang didorong oleh gas buang bisa mengalami perubahan sudut atau posisi sesuai dengan putaran mesin.

Dengan demikian, VNT tidak menimbulkan 'turbo lag' atau atau turbo yang 'ngeden dan lemot' ketika tekanan gas buang tidak cukup kuat untuk mendorong atau memutar baling-baling turbin. Itu karena posisi baling-baling menyesuaikan semburan yang datang untuk disalurkan.

image

Sebagai info, Kijang Innova akan dipasarkan dengan total pilihan 13 varian. Harga perkiraan Rp 300 juta hingga Rp 400 jutaan. Tipe Q, yang disebut sebagai tipe tertinggi dan terbaru, dipasarkan dengan pilihan mesin 2.400 cc dan 2.000 cc, masing-masing dengan pilihan transmisi matik dan manual.

Adapun Super GD VNT merupakan pengganti D4D yang di beberapa model Toyota masih dipakai.

(kpl/why/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami