Kiat Aman Naik Sepeda Motor Listrik di Musim Hujan

Apa perlu khawatir saat mengendarai motor listrik di musim hujan?

Selasa, 12 November 2019 13:15
Kiat Aman Naik Sepeda Motor Listrik di Musim Hujan Viar Q1 (Otosia.com)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kendati cuaca panas masih menyelimuti beberapa daerah di Indonesia, namun diramalkan musim hujan akan terjadi sebentar lagi. Nah, selain butuh kehati-hatian dalam berkendara di musim hujan, kendaraan listrik juga perlu mendapat perawatan berbeda saat di jalan basah.

Sama seperti kendaraan konvensional, sepeda motor listrik juga memerlukan perhatian khusus. Apalagi musim hujan masih menjadi momok bagi pemakai motor listrik, terutama dari segi perawatan dan keamanan.

Sebagai salah satu produsen kendaraan listrik dengan menjual Viar Q1, PT Triangle Motorindo (Viar Indonesia) menyatakan tidak perlu khawatir mengendarai motor listrik di musim hujan. Sebab setiap pabrikan sudah melakukan riset terhadap produk barunya, terutama kendaraan listrik, Mereka akan menguji setiap kendaraannya sebelum dijual ke pasaran.

"Ketika kami melakukan riset terhadap produk Viar Q1, kami mengerti bahwa ketahanan terhadap air merupakan hal yang paling mendasar karena kami mengerti bahwa hujan dan banjir menjadi kendala utama bagi kendaraan listrik sehingga dalam pengembangannya, kami membekali Viar Q1 dengan socket kedap air. Kemudian dari sisi Hub yang berfungsi sebagai penggerak, telah didesain sedemikian rupa oleh Bosch untuk tahan terhadap debu maupun air," terang Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo.

1 dari 2 Halaman

Tetap Ada Pantangan

Tetap Ada Pantangan

Menurut Frengky meski Viar Q1 dirancang untuk tahan terhadap cipratan air dan genangan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ini juga bisa berlaku bagi motor listrik lain. Misalnya jika genangan air cukup dalam dianjurkan untuk tidak memaksa karena yang dikhawatirkan air mengenai terminal battery.

“Jika tinggi genangan mencapai dek kaki, disarankan untuk tidak memaksakan karena jika sudah ke terminal battery, akan rawan terjadi korsleting,” tambah Frengky.

2 dari 2 Halaman

Tips Setelah Lalui Hujan

Tips Setelah Lalui Hujan

Lantas apa yang harus diperhatikan setelah motor listrik digunakan dalam kondisi hujan ataupun setelah melalui genangan air?

Langkah pertama adalah mematikan sekring atau MCB agar arus terputus. Tujuannya agar ketika dalam proses mengeringkan perangkat elektrik dalam kondisi aman.

“Kedua lepas socket battery untuk mencegah konsleting pada battery,” imbuhnya.

Ketiga keringkan bagian komponen mulai dari Hub hingga ke bagian-bagian terkecil. Setelahnya lumasi bagian-bagian penting dan bagian yang paling banyak bergesekan serta bagian yang rawan terjadi karat.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami