KIA Bikin Pabrik Kembali di Indonesia?

Jika K-Pop punya penggemar loyalnya termasuk di Indonesia, maka demikian halnya produk Korea Selatan, yakni untuk mobil-mobilnya, antara lain KIA.

Minggu, 26 Juni 2016 12:15
Kia All New Sportage (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Jika K-Pop punya penggemar loyalnya termasuk di Indonesia, maka demikian halnya produk Korea Selatan, yakni untuk mobil-mobilnya, antara lain KIA.

Maka dari itu, tidak sedikit penggemar yang menikmati mobil-mobil mereka mengharapkan pembangunan pabrik di Tanah Air, terutama agar mereka bisa mendapatkan kendaraan ini dengan harga lebih kompetitif lagi.

Hartanto Sukmono Direktur Marketing PT Kia Mobil Indonesia (KMI) pun menjawab bahwa pembangunan pabrik itu berangkat dari penghitungan-penghitungan.

"Memang kami pernah melakukan produksi di Indonesia, CKD pernah. Kami melakukan perhitungan-perhitungan secara ekonomi. Saat ini, kami juga telah melakukan perhitungan-perhitungan kembali, apakah cukup menguntungkan, ada benefitnya secara ekonomi atau dari aspek lain untuk melakukan kembali."

Ia hanya berujar bahwa penentuan pembangunan pabrik berada di bawah pihak pusat.

"Kalau ditanya tentang pembangunan pabrik, itu memang tanggung jawab dari principal. Kepada principal pun kami sudah pernah memberitahukan beberapa kali," akunya.

Namun, rencana itu bukan tidak mungkin karena menurut informasi darinya, Kia sebenarnya punya plan untuk membangun pabrik di kawasan Asia Tenggara.

"Mereka ada rencana, tetapi kapan, saya enggak (tahu informasinya kepastiannya secara) jelas. Itu di luar wewenang kami. Akan tetapi principal ingin memliki sebuah manufactury plant di Asia Tenggara. Kalau bicara Asia Tenggara, salah satunya tentu di Indonesia."

BERITA LAINNYA JUGA DISIMAK YUK, OTOLOVERS!

(kpl/why/nz/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami