Ketok Magic, Selubung Rahasia di Balik 'Ketok' dan 'Magis'

Sering dianggap pakai bantuan makhluk halus, kira-kira bagaimana ya ketok magic ini bekerja?

Selasa, 14 Maret 2017 11:30
Bengkel Ketok Magic (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kecelakaan yang menimpa kendaraan, terutama pada body mobil dan beberapa jenis bus dan minibus memang menghasilkan 'damage' yang bagi pemiliknya harus segera dibereskan. Masalahnya, memperbaiki body rusak bukanlah hal yang bisa dilakukan secara mandiri begit saja.

Salah satu metode yang biasa dilakukan oleh para pemilik kendaraan adalah dengan mengantarnya ke bengkel ketok magic. Di sinilah seringkali misteri dimulai, karena banyak ucap-ucap magis yang keluar dari ketok magic, bukan cuma melulu karena bengkelnya dinamai ketok magic.

Tak jarang kendaraan yang sudah masuk bengkel ketok magic dalam kondisi body penyok atau rusak, kemudian bisa keluar dalam kondisi prima seperti kondisi baru dan mulus. Hal ini terasa memiliki anomali karena biasanya jika proses perbaikan ditunggui pemiliknya seringkali terdengar suara pukulan tang atau palu, namun keluar dalam kondisi mulus. Maka sering orang menyebutkan bahwa ada peran makhluk halus untuk memperbaikinya.

Sejarah dimulai saat pada awal tahun 1980-an, teknik tersebut masih disebut ketuk teter. Dilakukan oleh pemilik reparasi body mobil di Jakarta yang berasal dari Blitar, Jawa Timur. Karena terasa terlalu lokal, nama ketuk teter kemudian disesuaikan menjadi ketok magic.

Adalah mbah Tutur yang memulai trend ketok magic pada tahun 1962, dan saat itu masih berdomisili di sekitaran Surabaya dan beroperasi di kota tersebut. Di usia 90-an tahun, mbah Tutur menurut banyak sumber dimintai untuk mereparasi sebuah mobil milik kliennya yang tertabrak sebuah truk hingga penyok-penyok.

Misteri tersebut dimulai saat mbah Tutur meminta ditinggal dan tidak dilihat dalam sebuah bilik. Tak terlihat apapun, namun pada akhirnya mobil tersebut ternyata selesai dalam kondisi yang amat prima seperti saat sebelum ditabrak oleh truk.

Hal ini kemudian dari banyak sumber diklarifikasikan bahwa tidak ada campur tangan makhluk halus sama sekali yang ikut masuk untuk memuluskan body mobil. Yang ada adalah bahwa para mekanik menggunakan (satu set alat dalam kotak) yang disebut kenteng teter untuk menghaluskan body yang penyok tersebut.

Di era mbah Tutur sendiri alat dengan nama kenteng teter kemudian ditransformasikan sekaligus jadi nama usahanya yang seiring jalannya waktu diubah jadi 'Ketok Magic'. Dari banyak wacana sendiri disebutkan bahwa kenteng teter itu terdiri dari alat-alat yang tak ubahnya seperti alat perbengkelan biasa, tergantung seberapa parah kerusakannya.

Sehingga tak jarang ditemui mekanik bengkel ketok magic menggunakan alat yang relatif sederhana seperti palu, lempeng logam, pemanas body dan semacamnya untuk memperbaiki penyok mobil.

Di daerah kota besar seperti Jakarta tak hanya eksis bengkel Ketok Magic, namun ada juga bengkel Ketok Halus. Dinamai Ketok Halus karena metodenya lebih kentara daripada Ketok Magic dan pemiliknya bisa melihat proses perbaikan body.

Dan ketok halus itu sendiri isunya relatif menggunakan cara yang sama dengan bengkel ketok magic untuk memperbaiki body mobil. Hanya saja, tujuan ketok magic tertutup dari pandangan mata adalah supaya tak ada bengkel lain yang mencontek cara reparasinya, maupun supaya para mekanik tak terganggu dengan komplain-komplain pelanggan hingga body mobil selesai diperbaharui.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami