Ketahui 5 Cara Mudah Bersihkan Karburator Motor

Berikut ini cara mudah membersihkan karburator motor

Kamis, 21 Mei 2020 16:15
Ketahui 5 Cara Mudah Bersihkan Karburator Motor Karburator motor (Liputan6.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Memang kini sudah umum motor yang menggunakan sistem pembakaran injeksi atau yang biasa disebut Fuel Injection. Namun jangan salah ya Otolovers, masih banyak motor yang pakai karburator dijual di pasaran.

Bagi yang miliki motor dengan pengapian karburator, Otolovers harus rajin-rajin merawat, teramasuk membersihkannya. Jika komponen tersebut kotor, jalan motor bisa tersendat-sendat bahkan mogok.

Lantas bagaimana cara bersihkan karburator motor yang kotor? Nah, dilansir dari laman Suzuki, berikut ini cara mudah membersihkan karburator motor.

 

1 dari 5 Halaman

1. Lepas Karburator

Pertama yang harus Otolovers lakukan adalah melepas karburator dari dudukan, serta dudukannya itu sendiri. Dalam melepasnya, gunakanlah kunci yang sesuai dan secara hati-hati.

2 dari 5 Halaman

2. Buka Mangkuk Karburator

Selanjutnya Otolovers harus melepas mangkuk karburator dengan lepaskan baut-baut yang mengait. Kemudian bersihkan endapan atau kotoran yang ada secara perlahan. Gunakan kuas lembut dan bisa juga membilasnya dengan bensin.

3 dari 5 Halaman

3. Bersihkan Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet

Tak sampai di situ saja, ada beberapa bagian lagi yang perlu Otolovers bersihkan. Sebelumnya lepaskan dulu pilot jet, main jet, dan needle jet. Setelah itu bersihkan dengan cara ditiup. Bisa juga manfaatkan kompresor dibanding meniup manual.

Namun perlakukan berbeda ada pada main jet. Otolovers harus bersihkan secara hati-hati dan perlahan menggunakan kuas yang telah diberi bensin. Kemudian baru disemprot pakai kompresor.

4 dari 5 Halaman

4. Bersihkan Spuyer Karburator

Ada satu bagian lagi yang perlu Otolovers bersihkan pada karburator, yakni Spuyer. Cara membersihkannya pun harus hati-hati, tak boleh asal-asalan.

Jangan sampai diameter dari bagian ini berubah karena bisa memengaruhi kinerja motor. Gunakanlah amplas halus kemudian bersihkan kotoran yang menempel secara perlahan.

5 dari 5 Halaman

5. Rakit Kembali Karburator

Proses bersih-bersih karburator sudah selesai. Otolovers tinggal rakit kembali bagian-bagian tadi dan memasangnya di sepeda motor. Lalu setel campuran bahan bakar dengan mengatur ketinggian pelampung mesin dengan memakai jangka sorong.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami