Kesan Pertama Menjajal Daihatsu Sirion Facelift, Si City Car Berjiwa Muda

Otosia mendapat kesempatan menjajal Daihatsu Sirion facelift. Berikut adalah first impression kami terhadap city car tersebut.

Rabu, 22 Juni 2022 16:14
Kesan Pertama Menjajal Daihatsu Sirion Facelift, Si City Car Berjiwa Muda Ilustrasi media test drive Daihatsu Sirion facelift (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini memperkenalkan Sirion facelift. Mobil tersebut dipamerkan ke publik dengan tampilan lebih stylish ketimbang seri lawasnya. Serangkaian fitur-fitur terkini pun sudah ada ditambah dengan transmisi baru.

Selang beberapa waktu kemudian ADM mengajak Otosia.com untuk menjajal Daihatsu Sirion terbaru secara lengkap melalui media test drive. Acara pengetesan mobil ini dijadwalkan pada tanggal 21-23 Juni 2022 dan berlangsung di Manado, Sulawesi Utara.

Mobil yang disediakan adalah Daihatsu Sirion R berkelir merah. Tipe R ini terbilang sebagai versi paling komplet dari lini Sirion di Indonesia.

Setiap unit test drive Daihatsu Sirion memiliki mesin 1.300cc naturally aspirated yang menyalurkan tenaganya ke roda depan (FWD). Lalu transmisi mobil ini diubah menjadi D-CVT, menggantikan girboks matic konvensional dengan 4 percepatan.

Mobil yang kami tunggangi diisi empat orang dewasa, termasuk barang bawaan pribadi masing-masing.

 

1 dari 6 Halaman

Menjadi penumpang

Daihatsu Sirion facelift (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pengetesan Daihatsu Sirion dimulai dari Bandara Sam Ratulangi, Manado dan menuju Tomohon, Sulawesi Utara. Kami melewati jalanan umum yang luas hingga jalan pedalaman satu jalur dengan tanjakan curam.

Mulanya, kami duduk sebagai penumpang di kursi belakang. Dengan tinggi badan sekitar 175 cm, ruangannya terasa 'pas-pas' saja, tidak terlalu sempit atau terlalu luas.

Jarak antara kepala dan atap mobil hanya 1-1.5 jari saja, membuat ruang gerak kepala cukup terbatas. 

2 dari 6 Halaman

Sebaliknya legroom baris kedua hatchback perkotaan ini sangatlah luas dan bagian bawah kursi depan bisa dimasuki kaki untuk menyesuaikan posisi duduk agar lebih nyaman.

Saat melewati berbagai jalan umum sekitar kota Manado, kami merasa suspensi pada Daihatsu Sirion facelift terbilang cukup kaku. Berbagai tonjolan dan lubang kecil di jalanan dilewati dengan getaran dan suara bagian suspensi terhentak, namun tidak membuat penumpang terombang-ambing dari tempat duduknya

Untuk penumpang belakang, Daihatsu menyediakan soket pengecasan yang berada di samping kursi depan. Lokasinya cukup ideal dibanding apabila colokan charger USB diletakkan pada konsol tengah yang lebih rendah. Mengecasnya pun cukup cepat

3 dari 6 Halaman

Menjajal sekilas

Media test drive Daihatsu Sirion facelift (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Setelah mengunjungi berbagai destinasi yang ditujukan, kami berkesempatan untuk menjajal singkat Daihatsu Sirion dari Danau Linow, Tomohon menuju hotel tempat kami menginap.

Rute yang kami lewati mencakup jalanan kecil satu jalur dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tidak terlalu padat.

4 dari 6 Halaman

Sama seperti duduk di kursi belakang, menjadi pengemudi di Daihatsu Sirion facelift juga kurang ideal untuk orang yang berpostur tinggi dan badan "berisi". Bahkan kami kami rasa lebih parah, lantaran posisi mengemudi yang kurang pas.

Lebih tepatnya posisi kaki dan tangan tidak bisa dibuat "pas". Jika jarak tangan dibuat ideal, maka setir akan tertahan kaki saat membelok tajam. Sebaliknya jika kaki dibuat lebih jauh, maka jarak tangan menjadi terlalu jauh dari setir.

Daihatsu Sirion facelift (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

5 dari 6 Halaman

Waktu singkat kami bersama Sirion terbaru memberikan kesan yang positif. Setir mempunyai respon bagus saat digunakan pada jalanan yang berliku-liku, memberikan rasa percaya diri saat mengendarainya.

Sementara transmisi D-CVT barunya memberikan akselerasi yang cukup, namun tidak cepat. Layaknya girboks CVT pada umumnya, D-CVT pada Sirion dirancang untuk efisiensi dan kehematan bahan bakar.

Lantas respon transmisi saat berakselerasi hanya biasa saja, namun lebih dari cukup untuk pemakaian sehari-hari.

 

6 dari 6 Halaman

Kami mengakhiri pengetesan hari pertama di hotel dengan total jarak perjalanan mencapai 180 km. Dari jarak tempuh tersebut, mencakup jalanan yang tidak terlalu padat dan dalam kondisi berkonvoi, Daihatsu Sirion mencatat konsumsi BBM di angka 8.0 km/l.

Tunggu ulasan lengkap kami berikutnya!

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami