Kerusakan Parah Intai Mobil Mobil Listrik yang Terjang Banjir

Banjir ternyata tetap berbahaya bagi mobil listrik.

Selasa, 11 Februari 2020 07:15
Kerusakan Parah Intai Mobil Mobil Listrik yang Terjang Banjir Toyota C-HR Hybrid (Toyota)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Intensitas hujan yang cukup tinggi masih menyebabkan banjir di beberapa daerah Indonesia. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerusakan parah di mobil listrik yang nekat menerjang genangan.

Jika mobil sudah rusak akibat banjir, pastinya membutuhkan biaya yang tidak murah untuk memperbaikinya. Terlebih, kerusakan tersebut dialami oleh kendaraan listrik, seperti hybrid, plug-in hybrid, atau murni mobil listrik.

 

1 dari 3 Halaman

Dijelaskan Hendra Leksmono, Service Head Auto2000 Jayakarta, penanganan kendaraan hybrid yang terendam banjir memang harus dilakukan dengan perhatian khusus. Pasalnya, banyak komponen elektrik yang pastinya tertanam di mobil emisi rendah tersebut.

"Pertama, kita memang harus lepas terlebih dahulu kabel tegangan tingginya. Kemudian, seluruh aliran listrik kita matikan," jelas Hendra saat ditemui di Auto2000 Glodok, Jakarta Pusat.

2 dari 3 Halaman

Setelah itu, bersihkan bagian elektrikannya dan periksa kembali jalur-jalur kabel. Kemudian, dites lagi menggunakan sistem komputerisasi bengkel, dan jika sudah diperiksa dengan baik baru dinyalakan mobilnya.

"Kita lihat juga baterainya, karena jika sudah terendam banjir pasti rusak. Kita lihat dulu level kerusakan dan tinggi banjirnya seberapa. Kalau air sudah rembes ke jok, sudah pasti terendam karena baterai itu posisinya di bawah bagasi," tegasnya.

3 dari 3 Halaman

Sementara itu, mengutip dari Liputan6.com, untuk mobil listrik atau hybrid baik menerjang ataupun terendam banjir dalam kondisi mobil mati, baterai akan mengalami kerusakan.

"Sebab, baterai itu kan selalu dalam kondisi mengalirkan arus listrik, meskipun mobil mati, baik untuk alarm mobil, dan sebagainya," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami