Kendaraan Komersil Pakai Ban Radial Apa Untungnya?

Teknologi ban terus mengalami perkembangan, di mana saat ini terdapat dua jenis ban yaitu radial dan bias.

Senin, 21 Mei 2018 12:15
Ilustrasi: Thewirecutter.com
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Teknologi ban terus mengalami perkembangan, di mana saat ini terdapat dua jenis ban yaitu radial dan bias. Di Indonesia kedua ban itu memiliki peruntukan berbeda. Radial sendiri lebih ditujukan untuk mobil penumpang, sedangkan bias lebih kepada kendaraan komersil.

Dari segi teknologi, ban radial memiliki keunggulan dibanding bias. Menurut Deni Arief Pribadi selaku Department Manager Training and Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), konstruksi ban radial lebih kompak yang membuatnya menjadi lebih ringan dibanding bias. Meski begitu kekuatan atau durabilitas ban radial sama baiknya dengan bias, bahkan terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan.

"Ban radial itu lebih ringan, jadi tahan terhadap panas di kecepatan tinggi. Berbeda dengan bias. Kebanyakan dipakai untuk komersil, rata-rata berat, karena di dinding bannya dibuat tebal. Sehingga pembuangan panasnya susah," jelas Deni di markas Bridgestone, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Lantas bisakah ban radial digunakan oleh kendaraan komersil? Menurut Deni, tentu saja bisa, bahkan saat ini sudah ada beberapa produk ban radial yang ditawarkan untuk kendaraan komersil di Indonesia termasuk Bridgestone.

Dengan menggunakan ban radial, kendaraan komersil akan banyak diuntungkan, khususnya dari sisi ekonomi. Bobot yang lebih ringan dan konstruksinya yang membuat permukaan ban lebih stabil menapak jalan, di mana akan berpengaruh pada performa berkendara dan efisiensi bahan bakar.

Hanya saja, Deni tak menampik adanya kendala dari segi harga. Akibat masih diimpor dari luar, harga yang dikenakan untuk ban radial kendaraan komersil masih terbilang tinggi.

"Dari segi konstruksi, ban radial untuk komersil lebih tinggi (high-end) dibanding mobil penumpang," tutup Deni.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/fid/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami