Kendala Ini Bikin Land Rover Indonesia Ogah Boyong Model Bermesin Diesel

Keduanya model terbaru yang kini dipasarkan di Indonesia tersedia dalam satu pilihan mesin, yakni V6 berkapasitas 3.0L berbahan bakar bensin.

Senin, 14 Mei 2018 20:45
Foto by Hafid
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku distributor resmi Jaguar Land Rover di Indonesia resmi memasarkan generasi terbaru dari dua model andalannya, yaitu Range Rover dan Range Rover Sport.

Keduanya ditawarkan satu pilihan mesin, yakni V6 berkapasitas 3.0L berbahan bakar bensin. WAE sendiri tidak memboyong New Range Rover dan New Range Rover Sport bermesin diesel ke Indonesia, meskipun di luar sana model tersebut terbilang cukup diminati.

Menurut Product Planning Logistic Manager Jaguar Land Rover, Tommy Handoko, alasan pihaknya tak membawa model bermesin diesel lebih disebabkan peminatnya yang tak begitu besar. Sehingga pihaknya lebih memutuskan untuk memboyong unit bermesin bensin.

"Diesel betul ada di luar negeri, tetapi untuk premium segmen di Indonesia, mesin diesel tidak setinggi petrol (bensin)," jelas Handoko di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Terlepas dari besarnya pasar, menurut Roland Staehler, Chief Operating Officer PT WAE sebenarnya terdapat alasan lain yang membuat pihaknya mengurungkan niat memboyong generasi terbaru Range Rover. Besarnya pajak yang dikenakan menjadi kendala terbesar yang dirasakan oleh distributor mobil yang diproduksi di Inggris tersebut.

"Pajak yang dikenakan diesel 3.0L terpaut cukup jauh dibandingkan bensin 2.5L. Bahkan menjadi 3 kali lipat besarnya, dan itu menjadi salah satu alasan mengapa kami tidak membawanya," tambah Roland.

Meski begitu, menurut Roland, apabila ada konsumen yang tetap menginginkan untuk membeli model bermesin diesel, WAE siap untuk memenuhinya.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/fid/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami