Kenapa Kawasaki Versys dari 650 cc Langsung ke 1.000 cc?

Pengembangan tiap model Kawasaki biasanya secara bertahap dalam hal ukuran kapasitas mesin.

Minggu, 01 Maret 2015 09:15
Kawasaki Versys (Foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Pengembangan tiap model Kawasaki biasanya secara bertahap dalam hal ukuran kapasitas mesin. Ninja RR misalnya kemudian dilanjutkan dengan kelas 250 cc, lalu belakangan 300 cc, dan ada pula beberapa model setaraf di atasnya yang juga bertahap.

Namun, untuk kelas Versys, Kawasaki memunculkan kelas 650 cc langsung ke 1.000 cc. Dalam daftar secara global pun, Versys yang dipasarkan hanya tersedia 650 cc yang disebut sebagai entry level, dan Versys 1000 saja.

"Kenapa gak 800 dulu? Jujur ini developnya di Eropa. Mereka pengen yang 1000 karena kalau 800 mungkin nanggung. Jadi dia langsung ke 1000," ujar Michael Chandra Tanadhi, Deputi Departemen Head Sales & Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia dalam pengenalan kedua model ini di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

Versys 1000 sendiri memiliki perbedaan dengan tipe 650 cc, baik dalam performa, maupun bagian-bagian bodi hingga kaki-kaki, khususnya belakang. Bagian muka Versys 1000 lebih tebal dan berotot dengan adanya tambahan tameng bawah dekat radiator.

Sosok touring-nya pun kian kental dengan adanya pelindung punggung kepalan tangan, bagasi dengan rangka yang melebar, serta knalpot ganda yang besar dan diposisikan hingga ke belakang (knalpot Versys 650 di kolong).

Sementara itu, model baru Versys 650 punya fairing facelift serta braket model plug and play. Dua perbedaan lainnya mencakup mesin dan suspensi. Untuk mesin, perubahannya menghasilkan peningkatan tenaga dibanding model sebelumnya, yang menurut data meningkat dari 59,4 HP menjadi 69 HP.

JANGAN LEWATKAN BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami