Kenapa Harga Mobil Wuling Bisa Murah? Ini Rahasianya

Akhirnya terbongkar sudah rahasia penyebab harga mobil Wuling bisa relatif terjangkau.

Selasa, 21 Juli 2020 20:15
Kenapa Harga Mobil Wuling Bisa Murah? Ini Rahasianya Wuling Cortez CT (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Sejak hadir 3 tahun lalu, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) melakukan geberakan dengan menjual mobil segudang fitur, namun harganya cenderung terjangkau.Hal ini tentu memicu banyak pertanyaan mengenai kualitasnya.

Harga mobil Wuling bisa dibilang jauh lebih murah dibanding rival sekelasnya. Contoh, Wuling Cortez saat ini dibanderol Rp209-290 juta. Sedangkan pesaingnya, Toyota Innova dilabeli Rp326,05-428,75 juta (OTR Jakarta).

 

1 dari 3 Halaman

Wuling Almaz

Tapi Wuling Indonesia pun berhasil mengambil hati pasar otomotif Tanah Air dan membuktikan kualitasnya mampu bersaing dengan produk Jepang. Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Indonesia pun akhirnya membeberkan rahasia rendahnya harga mobil Wuling.

"Harga mobil Wuling cenderung terjangkau, tapi bukan berarti kualitasnya rendah. Ada bermacam-macam faktor yang bisa membuat harga mobil Wuling lebih murah dibanding yang lain," terang Danang saat berbincang dengan redaksi Otosia siang tadi (21/7).

2 dari 3 Halaman

Wuling Confero

Pertama, Wuling memiliki fasilitas manufaktur sendiri di Indonesia. Hal ini jelas berpengaruh ke harga mobil Wuling, lantaran tidak terkena pajak produk CBU (completely built-up) atau impor dari luar negeri.

Tak hanya itu, pabrikan asal China ini juga memboyong beragam supply-chain suku cadang. Danang menyebut bahwa ada beberapa perusahaan di China yang menjalin kerjasama dengan Indonesia untuk ketersediaan komponen-komponen mobil.

3 dari 3 Halaman

Wuling Cortez

"Riset kami juga cenderung singkat, baik pasar maupun produk. Jelas ini mengurangi banyak pengeluaran sehingga harga mobil Wuling bisa ditekan menjadi lebih rendah," tambah Danang.

Pria asal Magelang, Jawa Tengah, itu juga menjelaskan bahwa harga mobil Wuling yang cenderung terjangkau juga menjadi bagian dari strategi pemasaran tersebut. Meski demikian, ia mengaku bahwa banderol produknya tidak akan naik secara signifikan dan tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami